Kompas.com - 15/02/2018, 07:01 WIB
Pedagang merapikan sejumlah tanaman pohon jeruk Imlek (kim kat) yang dijual di lapaknya yang berada di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (17/1/2012). Harga tanaman pohon jeruk Imlek tersebut bervariatif anatara Rp 500.000 hingga Rp 1 juta tergantung dari tinggi tanaman dan banyaknya buah. KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHIPedagang merapikan sejumlah tanaman pohon jeruk Imlek (kim kat) yang dijual di lapaknya yang berada di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (17/1/2012). Harga tanaman pohon jeruk Imlek tersebut bervariatif anatara Rp 500.000 hingga Rp 1 juta tergantung dari tinggi tanaman dan banyaknya buah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun Baru China dirayakan dengan bersantap bersama keluarga dan silaturahmi. Beberapa hidangan menjadi ciri khas dari perayaan Imlek dan selalu ada di setiap perayaan tersebut.

Berikut adalah arti dari hidangan khas Imlek sesuai wawancara KompasTravel bersama Guru Besar Program Studi China Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Hermina Sutami, Kamis (8/2/2018).

1. Ikan

Kata “ikan” yang berbunyi yu sama bunyinya dengan kata “lebih”. Dengan makan ikan diharapkan rezeki selalu berlebih. 

2. Jeruk

Jeruk berwarna kuning emas karena itu dianggap sebagai lambang kekayaan.

3. Manisan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manisan biasanya terdiri dari bermacam-macam buah yang dipersembahkan di atas meja abu leluhur. Di Indonesia manisan buah tersebut adalah nanas, pisang putri, pepaya mengkal.

Yu ShengDok. Resinda Hotel Karawang Yu Sheng
4. Yu Sheng

Budaya menyantap Yu Sheng berasal dari etnis China di Singapura. Yu Sheng merupakan hidangan yang terdiri dari ikan mentah, yaitu ikan salmon. Ada pula sayuran yang digunakan terdiri dari potongan wortel, lobak, jeruk, kacang, daun jeruk limau, acar jahe merah, lobak, aneka manisan, dan paprika merah.

Baca juga : Makan Bandeng Saat Imlek, Hanya Ada di Tradisi Tionghoa Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.