Ramah dan Senyum, Tugas Berat Samosir Genjot Pariwisata

Kompas.com - 17/02/2018, 17:35 WIB
Wisatawan menikmati Danau Toba di Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017). KOMPAS/NIKSON SINAGAWisatawan menikmati Danau Toba di Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.comPariwisata kini menjadi salah satu sektor yang bertumbuh pesat sehingga berpengaruh pula pada perkembangan ekonomi masyarakat Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Tak tanggung-tanggung Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samosir pun meningkat sebesar 81 persen pada tahun 2017.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon berupaya terus meningkatkan sektor pariwisata di Samosir. Beberapa cara pun dilakukan seperti halnya menambah sarana dan peralatan kebersihan. Kemudian juga melakukan promosi dan melaksanakan event di Samosir.

Baca juga : Catat Ini Jadwal Horas Samosir Fiesta 2018

Dia mengatakan, salah satu upaya yang juga dianggap menjadi tugas berat adalah mendidik masyarakat Samosir tentang kepariwisataan.

“Ini jadi tugas berat, karena masalah ramah dan senyum. Ini akan kami terus lakukan untuk memajukan pariwisata. Masyarakat (Samosir) sekarang juga sudah tidak seperti dulu,” kata Rapidin dalam acara Grand Launching Horas Samosir Fiesta 2018, di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Di kawasan Samosir sendiri, menurut Rapidin, diwajibkan adanya vokasi soal pariwisata. Sehingga setiap sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA di sana diadakan kerja sama dengan Singapura untuk pembelajaran bahasa Inggris.

Selain itu, upaya lainnya tentu meningkatkan aksesibilltas, amenitas, dan atraksi wisata. Menurut dia, akses ke Samosir kini sudah dipermudah dengan dibukanya Bandara Internasional Silangit.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo berjalan memasuki titik awal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Acara ini berlangsung di dua tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo berjalan memasuki titik awal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Acara ini berlangsung di dua tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).
“Nggak usah ragu untuk datang ke Samosir. Kalau mau lewat jalur darat, dari Bandara Silangit kita siapkan mobil gratis dua kali (keberangkatan) dalam satu hari. Kita juga bangun dua pelabuhan bertaraf internasional,” kata dia.

Kemudian Pemkab Samosir akan melakukan pengembangan pariwisata berbasis geopark serta menambah obyek wisata baru.

Beberapa di antaranya yakni Kawasan Hutan Pinus Tele, Obyek Wisata Pantai Tandarabun, dan Obyek Hutan Wisata Situmorang di Tele.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X