Kompas.com - 18/02/2018, 15:02 WIB

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan untuk meningkatkan penerimaan pendapatan daerah. Hal itu disampaikan oleh Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah saat ditemui di rumahnya, Sabtu (17/2/2018).

"Visi dan misi kepemimpinan saya lima tahun ke depan salah satunya menjadikan pariwisata sebagai skala prioritas pembangunan di Kotawaringin Barat. Ada tiga unsur yaitu pertama pariwisata, pertanian dan infrastruktur," ujar Nurhidayah.

Menurutnya, pariwisata merupakan industri yang berkembang saat ini. Pariwisata, lanjutnya, mudah untuk dikembangkan dibandingkan industri lainnya.

"Biaya pengembangan pariwisata yang murah dan cepat di dalam mengumpulkan potensi wisata. Saya rasa pariwisata bisa jadi andalan. Kenapa andalan? Pertama kita sudah punya Taman Nasional Tanjung Puting dengan potensi pengembangan wisata yang lain," ujarnya.

Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah.
Menurutnya, Kotawaringin Barat sudah memiliki modal ikon wisata yang telah mendunia yaitu Taman Nasional Tanjung Puting. Nurhidayah menambahkan potensi-potensi wisata unggulan di kabupatennya telah ia inventarisasi sebagai modal pengembangan.

"Ada Desa Pasir Panjang. Ini adalah desa masyarakat lokal asli Dayak. Kalimantan Tengah itu identik dengan dayaknya. Ada juga pemakaman Kaharingan," tambahnya.

Selain itu, ada pula Desa Wisata Kumpai Batu Atas. Di sana, lanjutnya, wisatawan nantinya akan disuguhkan agrowisata kebun kopi, jeruk, dan kelengkeng.

"Ada juga yang sudah dipoles yaitu Kampung Pelangi. Di sana betul-betul kampung tradisional. Ada berbagai aktivitas masyarakat di sana. Kami pelan-pelan akan membuat masyarakat untuk lebih besar (perhatian) bahwa bantaran Sungai Arut dijadikan tempat wisata," tambah Nurhidayah.

Obyek wisata Istana Kuning di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (17/2/2018). Istana Kuning adalah salah satu tempat yang menjadi sejarah perkembangan Kerajaan Kutawaringin.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Obyek wisata Istana Kuning di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (17/2/2018). Istana Kuning adalah salah satu tempat yang menjadi sejarah perkembangan Kerajaan Kutawaringin.
Obyek wisata lain yang diunggulkan sebagai pendorong sektor ekonomi Kotawaringin Barat yaitu Kotawaringin Lama. Di sana, wisatawan bisa menikmati wisata religi.

"Karena di sana ada wisata sejarah asal muasal Kerajaan Kotawaringin. Bukti sejarah, masjid wali ada di sana. Jadi (potensi wisata) masing-masing wilayah akan kami jual," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.