Kompas.com - 19/02/2018, 06:10 WIB

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Kabupaten Kotawaringin Barat dengan ibu kotanya yakni Pangkalan Bun, bisa jadi pilihan destinasi liburan yang menarik untuk dicoba di Kalimantan Tengah.

Beragam jenis wisata yang terbilang lengkap bisa ditemui di sekitar Kota Pangkalan Bun meski hanya punya kesempatan berlibur satu hari.

Anda bisa menemukan aktivitas mulai dari agrowisata, wisata sejarah, hingga tempat wisata untuk sekedar berfoto di sekitar Pangkalan Bun. Lalu apa sajakah tempat wisatanya?

Baca juga : Sensasi Menginap di Istana Raja Kotawaringin...

KompasTravel himpun beberapa tempat wisata di sekitar Kota Pangkalan Bun. Berikut rekomendasi wisata sehari di Pangkalan Bun berdasarkan pengalaman KompasTravel mengikuti Familiarization Trip Wisata Kotawaringin Barat.

Ketua Kelompok Tani Kopi Kumpai Batu Atas menunjukkan biji kopi jenis liberica milik warga Desa Kumpai Batu Atas, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (17/2/2018). Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat berencana mengembangkan agrowisata untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Ketua Kelompok Tani Kopi Kumpai Batu Atas menunjukkan biji kopi jenis liberica milik warga Desa Kumpai Batu Atas, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (17/2/2018). Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat berencana mengembangkan agrowisata untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

1. Agrowisata Desa Kumpai Batu Atas

Wisatawan bisa menemukan beragam agrowisata di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan. Seperti salah satunya yaitu agrowisata kopi.

Di Desa Kumpai Batu Atas, wisatawan bisa melihat perkebunan kopi milik warga desa hingga belajar mengolah biji kopi. Wisatawan juga bisa mencoba berkunjung ke kebun jeruk milik warga dan bisa memetik sendiri buah jeruk di kebun.

2. Istana Kuning

Di area kota, wisatawan bisa coba mampir ke obyek wisata Istana Kuning. Istana Kuning menawarkan pengalaman berwisata sejarah awal mulanya Kerajaan Kotawaringin.

Obyek wisata Istana Kuning di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (17/2/2018). Istana Kuning adalah salah satu tempat yang menjadi sejarah perkembangan Kerajaan Kutawaringin.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Obyek wisata Istana Kuning di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (17/2/2018). Istana Kuning adalah salah satu tempat yang menjadi sejarah perkembangan Kerajaan Kutawaringin.
Wisatawan bisa melihat istana bermodel bangunan panggung dengan bahan kayu ulin atau dikenal dengan kayu besi yang amat tahan cuaca dan rayap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.