Curug Gending Asmoro, Eksotisme Air Terjun di Tengah Hutan Bambu (2)

Kompas.com - 19/02/2018, 07:24 WIB
Obyek wisata Air Terjun Curug Gending Asmoro di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (17/2/2018). KOMPAS.COM/SYAHRUL MUNIRObyek wisata Air Terjun Curug Gending Asmoro di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (17/2/2018).

UNGARAN, KOMPAS.com — Siapa sangka di tengah hutan bambu Susun Tompo Gunung, desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang ini, terdapat sebuah air terjun (curug) yang sangat indah. Curug Gending Asmoro namanya.

"Kejutan banget, di Ungaran Timur kok ada ya air terjun ya?" kata Pujiyati (32), warga Banyumanik, Semarang, Sabtu (17/2/2018).

Kekaguman Pujiyati ini bukan tanpa alasan, sebab selama ini benak masyarakat Semarang, air terjun hanya ada di daerah Ungaran Barat yang notabene adalah lereng Gunung Ungaran. Wilayah Ungaran Barat inipun sudah ditetapkan sebagai daerah sabuk hijau oleh pemerintah.

Baca juga : Curug Gending Asmoro, Dulu Mistis, Sekarang Eksotis... (1)

Sedangkan daerah Ungaran Timur selama ini identik dengan daerah industri dan kawasan permukiman baru. Banyak pabrik dan perumahan baru yang di buka di wilayah ini.

Obyek wisata Air Terjun Curug Gending Asmoro di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (17/2/2018).KOMPAS.COM/SYAHRUL MUNIR Obyek wisata Air Terjun Curug Gending Asmoro di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (17/2/2018).
"Ini kayak oase, saya nggak percaya sampai saya melihatnya sendiri," ungkap Andre (21), warga Salatiga.

Obyek wisata ini baru saja dibuka, Minggu (11/2/2018) lalu oleh Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, sekaligus menandai launching desa Kalongan sebagai Desa Wisata.

Baca juga : Ternyata di Bekasi Ada Air Terjun, Lokasinya Dekat Bantargebang

Setiap pengunjung yang masuk ke Curug Gending Asmoro ini dikenai tiket Rp 5 ribu saja. Setelah membayar tiket, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga yang terbuat dari beton untuk mencapai air terjun tersebut.

Obyek wisata Air Terjun Curug Gending Asmoro di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (17/2/2018).KOMPAS.com/SYAHRUL MUNIR Obyek wisata Air Terjun Curug Gending Asmoro di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (17/2/2018).
Sepanjang perjalanan ini, kita akan disuguhi pemandangan hijaunya rumpun bambu yang menutupi pandangan kita dari langit.

Kemudian kita akan melewati pintu gerbang cantik yang terbuat dari susunan batang bambu yang membentuk semacam gunungan. Gapura bambu ini semacam tetenger, jika kita semakin dekatdengan air terjun. Suara derasnya air terjunpun sudah terdengar.

"Amazing, ada sungai ternyata disini. Batunya juga besar-besar," kata Andini, siswa sebuah SMK di Ungaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X