Destinasi yang Mirip Wakanda, Kampung Halaman Black Panther

Kompas.com - 19/02/2018, 19:11 WIB
Air Terjun Iguazu di Argentina dan Brasil. CNN TravelAir Terjun Iguazu di Argentina dan Brasil.

JAKARTA, KOMPAS.com - "Ayah saya pernah bilang, hal terindah yang pernah ia lihat adalah Wakanda," kata Erik Killmonger, musuh pahlawan super Black Panther. Adegan dalam film Black Panther tersebut berakhir dengan sepasang sepupu yang melihat senja bersama di Wakanda.

Wakanda adalah sebuah negara fiktif dalam komik dan film besutan Marvel, Black Panther. Dikisahkan bahwa negara yang berada di benua Afrika ini memiliki persediaan vibranium (logam terkuat di bumi yang juga fiksi) segunung. Tak pelak membuat Wakanda menjadi negara yang super kaya dan maju dalam hal teknologi. Hanya saja berabad-abad lamanya, Wakanda menyamar menjadi negara ketiga, mengandalkan pertanian.

Keindahan alam dan budaya Wakanda yang akhirnya menjadi sorotan utama dalam film Black Panther. Meski fiksi, ada beberapa lokasi di Wakanda yang mirip dengan lokasi asli di bumi. Berikut destinasi tersebut:

1. Air Terjun Iguazu

Salah satu air terjun terindah di dunia, terletak di sebagian Provinsi Misiones, Argentina dan sebagian di Parana, Brasil. Air terjun ini memiliki jatuhan 275 titik, menjadikan Iguazu sebagai air terjun terluas di dunia (2,7 kilometer).

Di film Black Panther, Air Terjun Wakanda menyerupai Air Terjun Iguazu tetapi dalam versi lebih sempit. Air terjun menjadi lokasi penting, tempat penobatan raja dan ritual tarung.

2. Area Pertanian di Afrika

Perbatasan Wakanda dikisahkan sebagai lokasi penyamaran, negara ketiga dengan sumber pendapatan dari bercocok tanam. Tampak pemandangan desa yang subur dikelilingi gunung. Lokasi yang mirip dengan tempat tersebut memang benar ada di Afrika. Tepatnya di Afrika Selatan, Zambia, dan Uganda. Ladang dan kebun subur di lembah gunung.

3. Pasar di Afrika Selatan

Kostum di film Black Panther juga menarik dengan hiasan etnik dan warna-warni mencolok. Salah satu lokasi yang menampilkan kemeriahan kostum ini adalah pasar di Wakanda. Uniknya pasar-pasar di Afrika Selatan tak jauh berbeda dengan pasar di Wakanda. Penuh dengan benda kerajinan tangan etnik dan orang yang bepakaian dalam warna terang. Pasar Cape Town di Afrika Selatan jadi pasar menarik untuk melihat pemandangan mirip pasar di Wakanda.

4. Senja di Kilimanjaro

Adegan Black Panther dan Killmonger melihat senja bersama juga pasti berkesan di hati penonton. Sebenarnya ada lokasi yang hampir mirip dengan pemandangan tersebut yakni melihat senja berlatar Gunung Kilimanjaro. Ini adalah gunung tertinggii di Afrika yang terletak di Tanzania. Taman Nasional Amboseli adalah tempat yang tepat untuk melihat matahari tenggelam bersiluet Gunung Kilimanjaro.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X