Pariwisata Bali Barat yang Kian Menjanjikan - Kompas.com

Pariwisata Bali Barat yang Kian Menjanjikan

Kompas.com - 23/02/2018, 09:16 WIB
Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.BARRY KUSUMA Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bali bagian Barat tidak terlalu terkenal seperti Bali bagian Selatan. Namun perlahan Bali bagian Barat mulai menunjukkan pesonanya. Pulau Menjangan menjadi destinasi unggulan yang ditawarkan kepada para pelancong pecinta alam.

"Menjangan itu dive destination, hanya yang tidak dikembangkan itu hutannya. Hutan itu punya pemerintah dengan luas 382 hektar. Di Bali tidak ada hutan seperti itu, karena di Menjangan tidak mengenal musim hujan. Ada banyak spesies di sana dan yang langka ada Jalak Bali," kata CEO Plataran, Yozua Makes saat ditemui KompasTravel di acara Partners Gathering, Patio Venue and Dining, Rabu (21/2/2018).

Baca juga : Libur Akhir Tahun, Yuk Bertualang ke Taman Nasional Bali Barat

Menurut Yozua, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Menjangan, seperti menyelam, menyaksikan burung langka di habitatnya langsung, piknik di pantai, melihat rusa, menanam coral, menanam pohon endemik, mencoba menjadi ranger hutan sehari penuh, dan berkemah bersama keluarga atau teman.

Potensi tersebut membuat Yozua membuka Plataran Menjangan Resort dan Spa pada 2017. Resort tersebut masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat. Ada empat tipe vila di tengah hutan dna berhadap langsung dengan laut. April 2018, Yozua mengatakan akan membuka lodge di Plataran Menjangan Resort & Spa.

Wisatawan sedang snorkeling di sekitar Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali, Minggu (29/10/2017).KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Wisatawan sedang snorkeling di sekitar Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali, Minggu (29/10/2017).
"Harga lodge ini bisa seperempat sampai seperlima lebih murah dari vila," kata Yozua. Ia mengatakan tertarik membuka lodge karena banyak tamu adalah pelancong solo.

"Biasanya mereka ini mengambil rute dari Yogyakarta, kemudian ke Bromo, Ijen, Menjangan, lanjut lagi ke Labuan Bajo," jelas Yozua. Namun ia mengatakan banyak juga pasangan berbulan madu atau keluarga yang menjadi tamu di Plataran Menjangan Resort dan Spa.

Baca juga : Serunya Menyeberang dari Banyuwangi ke Pulau Menjangan Bali

Untuk menuju Menjangan, Yozua menyarankan wisatawan untuk mengambil rute perjalanan dari Banyuwangi. Catatan KompasTravel, menyeberang dengan kapal dari Pantai Bangsring Banyuwangi, Jawa Timur adalah cara terbaik. Lama perjalanan dari Bangsring ke Pulau Menejangan tidak sampai satu jam.

Dibanding perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, Bali yang harus menempuh tiga jam perjalanan darat. Plataran Menjangan Resort dan Spa sendiri menyediakan jemputan dan tur wisata untuk para tamu yang menginap di hotelnya.


Komentar

Close Ads X