Pontianak Pecahkan Rekor Muri Masak Ikan Asam Pedas

Kompas.com - 26/02/2018, 14:45 WIB
Manager Muri, Sri Widayati menyerahkan piagam Rekor Muri Memasak Ikan Asam Pedas dengan Peserta Terbanyak kepada Marketing Branch Manager Pertamina Kalbarteng Teuku Johan Miftah, di Pontianak,  Kalimantan Barat, Minggu (25/2/2018).KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Manager Muri, Sri Widayati menyerahkan piagam Rekor Muri Memasak Ikan Asam Pedas dengan Peserta Terbanyak kepada Marketing Branch Manager Pertamina Kalbarteng Teuku Johan Miftah, di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (25/2/2018).

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kota Pontianak kembali mencatatkan prestasi di Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri). Minggu (25/2/2018), Muri mencatatkan rekor Memasak Ikan Asam Pedas dengan peserta terbanyak.

Penyerahan piagam rekor tersebut diserahkan oleh Manager Muri, Sri Widayati dalam rangkaian Pontianak Food Festival yang diselenggarakan di komplek parkiran Ayani Mega Mall, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu siang.

Acara yang didukung PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VI melalui produk LPG Bright Gas tersebut, diikuti oleh 430 peserta.

Baca juga : Sajikan 3.240 Porsi Rica-rica Kelinci, Magetan Pecahkan Rekor Muri

Pemecahan rekor ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai latar belakang antara lain pelajar SMK Tata Boga, ibu rumah tangga, Komunitas Kuliner dan lain sebagainya.

Marketing Branch Manager Pertamina Kalbarteng, Teuku Johan Miftah mengungkapkan, sejak diluncurkan pada tahun 2016, Bright Gas telah konsisten menyelenggarakan kegiatan pelestarian kuliner daerah.

"Salah satunya melalui kompetisi memasak dengan judul Bright Gas Homemade Cooking Competition," ujarnya.

Baca juga : Viral, Koki Selebriti Jamie Oliver Puji Kuliner Gado-gado

Menurut Johan, Pertamina tertarik mendukung penuh pemecahan rekor ini karena sejalan dengan program yang pernah digarap sebelumnya.

Para peserta Memasak Ikan Asam Pedas dengan Peserta Terbanyak di Pontianak Food Festival 2, Minggu (25/2/2018).KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Para peserta Memasak Ikan Asam Pedas dengan Peserta Terbanyak di Pontianak Food Festival 2, Minggu (25/2/2018).
"Selain itu, dengan hadirnya produk Bright Gas di event ini diharapkan dapat lebih memasyarakatkan produk unggulan Pertamina," ujarnya.

Johan mengungkapkan, penjualan produk Bright Gas di Kalimantan Barat hingga awal tahun 2018 telah menunjukkan peningkatan yang cukup baik.

Tercatat volume penjualan pada bulan Januari 2018 untuk tabung 12 Kg sejumlah 34.850 tabung jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu sejumlah 25.912 tabung. Sedangkan untuk Bright Gas ukuran 5,5 Kg tercatat penjualannya pada Januari 2018 sejumlah 22.222 tabung meningkat dari angka Januari tahun lalu sejumlah 5.466 tabung.

Peningkatan tersebut, lanjut Johan, tidak terlepas dari kontribusi masyarakat yang sudah bukan target produk subsidi untuk beralih menggunakan produk non-subsidi.

Terlebih lagi baru-baru ini telah dikeluarkan Surat Edaran dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak (No. 510/89/DKUMP/2017 tanggal 9 Oktober 2017) tentang pengaturan penggunaan LPG 3 Kg bagi pelaku usaha.

“Alhamdulillah sudah banyak masyarakat yang sadar dan beralih ke tabung non-subsidi. Pelaku usaha pun demikian. Salah satunya Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalimantan Barat yang sudah tanda tangan komitmen penggunaan LPG Non Subsidi di seluruh hotel dan restoran yang menjadi anggotanya," kata Johan.

Komitmen bersama Pertamina dan PHRI Kalimantan Barat ini merupakan program lanjutan dari serangkaian penandatanganan komitmen penggunaan LPG Non subsidi yang sebelumnya dilaksanakan dengan pemerintah kota dan kabupaten di Kalimantan Barat.

Para peserta Memasak Ikan Asam Pedas dengan Peserta Terbanyak di Pontianak Food Festival 2, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (25/2/2018).KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Para peserta Memasak Ikan Asam Pedas dengan Peserta Terbanyak di Pontianak Food Festival 2, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (25/2/2018).
Hingga saat ini tercatat 8 kota/kabupaten yang telah membuat komitmen dari 14 kota/kabupaten di Kalimantan Barat di antaranya Pontianak, Mempawah, Kuburaya dan Sambas.

Sementara itu, Manager Muri, Sri Widayati menyampaikan rekor ini teregistrasi dengan nomor 8.336/R.MURI/II/2018.

Rekor ini dianugerahkan kepada Pemerintah Kota Pontianak, Bright Gas PT Pertamina Persero Cabang Pontianak, Pondok Ale-ale, Rumah Makan Pak Usu, PHRI serta Pontianak Culinari Profesional Indonesia atas rekor pemrakarsa dan penyelenggara Lomba Memasak Ikan Asam Pedas oleh peserta terbanyak, yaitu 430 peserta

"Targetnya hanya 200 peserta, tapi setelah kita hitung ada 430 peserta," kata Sri.



Close Ads X