Wisata ke Morowali, Ini Alternatif Transportasi ke Sana

Kompas.com - 28/02/2018, 10:17 WIB
Taman Kota Fonuasingko sebagai salah satu landmark di kota Morowali, Sulawesi Tengah, Selasa (27/2/2018). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIATaman Kota Fonuasingko sebagai salah satu landmark di kota Morowali, Sulawesi Tengah, Selasa (27/2/2018).

MOROWALI, KOMPAS.com - Berwisata ke Morowali, Sulawesi Tengah, Anda akan disuguhkan ragam wisata alam yang memesona. Salah satu unggulannya ialah Kepulauan Sombori, yang dijuluki "Raja Ampatnya Sulawesi", dan masih banyak ragam lainnya.

Untuk menuju Morowali, memang tak semudah berpindah dari kota ke kota seperti di Pulau Jawa. Kabupaten yang terkenal dengan tambang nikelnya tersebut memiliki medan pegunungan hingga destinasi wisata pantai yang beragam.

Ada tiga kota besar yang menjadi kota transit untuk menuju ke Morowali. Transportasi ke sana, masih menggunakan jalan darat maupun laut. Sementara yang lazim dan mudah digunakan untuk wisatawan ialah jalan darat.

Baca juga : Bandara Baru Morowali Menghemat 20 Jam Perjalanan Wisatawan

Kepala Dinas Perhubungan Morowali, Sulawesi Tengah, M Rizal Badudin, menjelaskan beberapa alternatif terbaiknya.

Ardhani Briputra, Kepala Seksi Sarana Usaha Pariwisata (kanan) di Taman Kota Fonuasingko sebagai salah satu landmark Kota Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ardhani Briputra, Kepala Seksi Sarana Usaha Pariwisata (kanan) di Taman Kota Fonuasingko sebagai salah satu landmark Kota Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).
"Menuju Morowali, bisa dari Palu sebagai ibu kota provinsinya, Kendari yang paling populer, dan juga bisa dari Makassar," tuturnya kepada KompasTravel, saat kunjungan bersama Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan ke Kantor Bupati Morowali, Selasa (27/2/2018).

Jalur favorit ialah dari Kendari. Wisatawan bisa menggunakan penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandara Haluoleo, Kendari, dengan maskapai Garuda Indonesia, Lion, dan Batik.

Baca juga : Bandara Banyuwangi Targetkan Layani Rute Internasional pada 2019

Adapun perjalanan menggunakan maskapai Garuda Indonesia menempuh waktu tiga jam ditambah perbedaan waktu satu jam, dengan transit di Makassar terlebih dahulu. Sedangkan Lion Air dan Batik Air menyediakan penerbangan langsung ke Bandara Haluoleo, Kendari.

Seusai mendarat di Kendari, Anda bisa menggunakan travel minibus dari terminal Mpuwatu. Sebelumnya Anda bisa menggunakan ojek ataupun angkot ke terminal tersebut dengan tarif Rp 5.000.

"Travelnya bentuk mobil minibus. Nggak ada jam berangkat pasti, tapi setiap penuh minimal empat orang, baru berangkat. Tarifnya Rp 250.000 per orang," kata Rizal.

Mengintip fasilitas Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Mengintip fasilitas Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).
Waktu yang Anda tempuh dari Kendari ke Morowali ialah 7-9 jam, dengan jarak 340 kilometer. Waktu tempuh tersebut dengan catatan tak ada hambatan di jalur perjalanan, yang melewati banyak daerah tambang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X