Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau ke Gunung Ijen seperti Sri Mulyani dan Luhut dengan Biaya Murah?

Kompas.com - 02/03/2018, 16:41 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama rombongan, Jumat (2/3/2018) mendaki Gunung Ijen.

Tidak hanya mendaki, tetapi Sri Mulyani dan Luhut pun terpesona dengan pemandangan di Gunung Ijen. Mulai dari keindahan danau hingga Kawah Ijen. Begitu pula dengan Luhut. Menurut Luhut, Indonesia harus bangga memiliki gunung dengan kawah yang bewarna toska.

Anda penasaran ingin melihat secara langsung pesona Gunung Ijen seperti halnya kedua menteri tersebut? Tentu saja Anda bisa langsung datang ke Gunung Ijen. Berikut ini caranya agar Anda bisa sampai di Gunung Ijen.

Baca juga : Sri Mulyani dan Luhut Mendaki ke Puncak Ijen, Ini Komentar Mereka

Nah, Gunung Ijen sendiri terletak di Jawa Timur tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dengan Kabupaten Banyuwangi. Untuk bisa sampai di sana, wisatawan pun bisa memilih kedua jalur melalui dua kabupaten tersebut.

Sebelumnya beberapa waktu lalu, Bupati Bondowoso Amin Said Husni mengatakan bahwa akses ke Kawah Ijen dengan cara tradisional melalui Kabupaten Bondowoso. Sementara akses dari Kabupaten Banyuwangi baru ada sekitar tahun 2000-an.

Wisatawan berswafoto dengan latar Kawah Ijen, di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (22/10/2017). KOMPAS/IRMA TAMBUNAN Wisatawan berswafoto dengan latar Kawah Ijen, di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (22/10/2017).
Tak perlu khawatir dengan biaya perjalanan, Anda bisa ke Kawah Ijen dengan biaya ala backpacker. Bila Anda memilih perjalanan melalui Kabupaten Bondowoso, keuntungannya menurut Amin, wisatawan bisa melewati beberapa destinasi wisata, seperti Kawah Wurung, Padang Savana, agrowisata kopi, pemandian air panas Blawan, air terjun, dan Bukit Megasari.

Baca juga : Sri Mulyani dan Luhut Binsar Mendaki Gunung Ijen Sampai Puncak Kawah

Nah, bila perjalanan dimulai dari Surabaya, Anda bisa menggunakan kereta api dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Stasiun Jember. Menggunakan kereta api dengan kelas ekonomi AC dengan KA Sri Tanjung yang berangkat pada siang hari pukul 14.00 WIB biayanya sekitar Rp 94.000. Apabila Anda berencana berangkat di pagi hari bisa menggunakan kereta ekonomi AC dengan KA Probowangi berangkat pada pukul 04.25 WIB dengan biaya Rp 56.000.

Dari Stasiun Jember, Anda bisa menuju Terminal Arjasa Jember dan melanjutkan ke Terminal Bondowoso. Untuk menggunakan angkutan umum dengan dua rute ini Anda bisa persiapkan uang sekitar Rp 10.000 hingga Rp 25.000.

Sesampainya di Terminal Bondowoso, Anda kembali menggunakan angkutan umum menuju Sempol. Tarifnya memang sedikit lebih tinggi, karena melihat jarak yang jauh sekitar 60 kilometer dan waktu tempuh cukup lama sekitar dua jam. Maka Anda bisa persiapkan biayanya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

Sesampainya di Sempol, Anda akan menemukan ojek wisata yang mengantarkan wisawatan sampai di pos Paltuding di Gunung Ijen. Biaya sendiri berkisar mulai Rp 50.000, namun wisatawan bisa melakukan tawar menawar dengan pengemudi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendaki Gunung Ijen Jumat (2/3/2018).Dok Humas Pemkab Banyuwangi Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendaki Gunung Ijen Jumat (2/3/2018).
Sementara, jika Anda ingin melalui jalur Banyuwangi, maka bisa menggunakan kedua kereta yang sama hingga tujuan Stasiun Karang Asem. Setelah itu bisa berjalan kaki sekitar satu kilometer ke Terminal Sasak Perot.

Dari sana Anda bisa menggunakan angkutan desa hingga Kecamatan Licin, bisa persiapkan biaya sekitar dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Jarak dari Terminal Sasak Perot hingga Kecamatan Licin sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh 40 menit.

Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga pos Paltuding menggunakan truk pengangkut belerang. Biayanya sendiri, Anda bisa persiapkan uang sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com