Kompas.com - 02/03/2018, 21:20 WIB
Aksi para Tatung dalam Cap Go Meh 2569 di Singkawang, Kalimantan Barat (2/3/2018) KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANAksi para Tatung dalam Cap Go Meh 2569 di Singkawang, Kalimantan Barat (2/3/2018)


SINGKAWANG, KOMPAS.com - Puncak perayaan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat berakhir. Hari kelima belas dalam penanggalan Imlek itu ditutup dengan atraksi para Tatung yang diarak keliling kota.

Tatung adalah media utama Cap Go Meh. Atraksi Tatung dipenuhi dengan mistik dan menegangkan, karena banyak orang kesurupan dan orang-orang inilah yang disebut Tatung.

Tahun ini, tercatat sebanyak 1.145 Tatung yang turut berpartisipasi dalam puncak perayaan Cap Go Meh yang dilaksanakan pada hari Jumat (2/3/2018).

Roh-roh yang dipanggil merasuki para Tatung ini diyakini sebagai roh-roh baik yang mampu menangkal roh jahat yang hendak mengganggu keharmonisan hidup masyarakat.

Aksi para Tatung dalam Cap Go Meh 2569 di Singkawang, Kalimantan Barat (2/3/2018)KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Aksi para Tatung dalam Cap Go Meh 2569 di Singkawang, Kalimantan Barat (2/3/2018)

Roh yang merasuki tubuh tatung ini juga diyakini merupakan para tokoh pahlawan dalam legenda Tiongkok, seperti panglima perang, hakim, sastrawan, pangeran, pelacur yang sudah bertobat dan orang suci lainnya.

Untuk menjadi Tatung, bukan diperoleh dengan cara yang mudah. Tatung bukan warisan yang sengaja diturunkan.

Bakat menjadi tatung datang dengan sendirinya dan tidak bisa ditolak. Menjadi seorang tatung, banyak tantangan yang harus dihadapi, termasuk dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X