Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Catat, Ini Jadwal Mekar Bunga Sakura di Jepang Tahun 2018

Kompas.com - 6/Mar/2018, 08:03 WIB
Peta prakiraan waktu mekar sakura di Jepang tahun 2018.
Lihat Foto
Peta prakiraan waktu mekar sakura di Jepang tahun 2018.

KOMPAS.com - Musim semi merupakan musim yang paling digemari oleh turis asing di Jepang. Hanya pada musim ini, turis bisa menikmati bunga cantik yang terkenal dari Jepang yaitu sakura. Waktu mekar sakura bisa dikatakan sangat pendek.

Oleh karena itu, sebelum memulai perjalanan Anda, mari cek kalender prakiraan wakyu mekarnya bunga sakura untuk wilayah Jepang secara keluruhan. Prakiraan ini diterbitkan oleh perusahaan Weather Map.

Tahun ini, waktu mekar sakura diprakirakan akan sama atau sedikit lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Terutama daerah Kanto ke barat yang prakiraan mekarnya menjadi lebih cepat. Berikut peta sakura yang dikeluarkan oleh Weather Map Japan.

Alasan sakura mekar lebih cepat dari biasanya adalah karena tahun ini cuaca dingin di Jepang terus berlanjut. Oleh sebab itu, waktu tidur pohon sakura menjadi lebih banyak dan pertumbuhan kuncup bunga menjadi lebih cepat. Di daerah-daerah yang terletak di bagian selatan Jepang, dengan suhu yang relatif lebih hangat, efek dingin ini lebih kuat.

Di lain pihak, pertumbuhan kuncup bunga sakura yang seharusnya berkembang pada akhir Januari sampai Februari yaitu saat suhu biasanya bertambah hangat, mengalami keterlambatan. Hal ini dikarenakan suhu udara pada periode tersebut begitu dingin.

Namun, cuaca diprakirakan akan menjadi hangat saat memasuki bulan Maret. Hal ini menyebabkan keterlambatan pertumbuhan kuncup Sakura pada bulan Februari akan sama atau lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya.

Prakiraan waktu mekar sakura: bagian timur dan barat pada akhir Maret, serta April untuk daerah Tohoku

Bila melihat prakiraan waktu mekar Sakura berdasarkan masing-masing daerahnya, Kumamoto, Miyazaki dan Kouchi merupakan daerah dengan jadwal kemekaran Sakura paling cepat di Jepang, yaitu pada 20 Maret 2018. Lalu diikuti dengan Fukuoka pada tanggal 21 Maret, Nagoya tanggal 24 Maret, serta Tokyo dan Osaka pada tanggal 26 Maret. Waktu yang tepat untuk menikmati Sakura paling cepat adalah akhir Maret.

Grafik perkiraan mekarnya sakura di Tokyo
Grafik perkiraan mekarnya sakura di Tokyo

Di daerah Tokyo, diprakirakan Sakura dapat dinikmati dari 1 April sampai 8 April 2018 dan mekar dengan sempurna pada tanggal 2 April.

Grafik perkiraan mekarnya sakura di Osaka
Grafik perkiraan mekarnya sakura di Osaka
Daerah Osaka memiliki prakiraan yang sama dengan Tokyo. Sakura diprakirakan dapat dinikmati di Osaka mulai dari 1 April sampai 8 April 2018 dan mekar dengan sempurna pada tanggal 2 April.

Grafik prakiraan waktu mekar sakura di Nagoya
Grafik prakiraan waktu mekar sakura di Nagoya
Di Nagoya, sakura diprakirakan mekar lebih cepat daripada Osaka, yaitu bisa dinikmati dari 31 Maret sampai 6 April 2018 dan mekar dengan sempurna pada tanggal 1 April.

Grafik prakiraann waktu mekar sakura di Fukuoka
Grafik prakiraann waktu mekar sakura di Fukuoka
Selanjutnya, sakura di daerah Fukuoka dapat dinikmati pada tanggal 27 Maret sampai 3 April 2018. Selain itu, sakura diprakirakan akan mekar dengan sempurna pada 28 Maret.

Grafik prakiraan waktu mekar sakura di Niigata
Grafik prakiraan waktu mekar sakura di Niigata
Sakura di Niigata diprakirakan akan mekar dengan sempurna pada 16 April dan dapat dinikmati sampai dengan 21 April 2018.

Grafik prakiraan waktu mekar sakura di Sendai
Grafik prakiraan waktu mekar sakura di Sendai

Waktu mekar sakura di daerah Sendai sedikit lebih cepat dari Niigata, yaitu tanggal 15 April sampai 20 April 2018. Selain itu, Sakura diprakirakan akan mekar dengan sempurna di tanggal 16 April.

Grafik prakiraan waktu mekar sakura di Sapporo
Grafik prakiraan waktu mekar sakura di Sapporo
Terakhir, sakura di daerah Sapporo memiliki waktu mekar paling lambat di Jepang karena diprakirakan akan mekar sempurna pada 5 Mei. Sakura di Sapporo dapat dinikmati sampai 9 Mei. Periode ini lebih pendek dibandingkan dengan daerah lainnya.

Semua tanggal di atas hanyalah prediksi yang dibuat bedasarkan keadaan cuaca saat ini. Jadi jangan lupa untuk terus memantau berita terbaru mengenai bunga sakura ini. Prakiraan ini bisa berubah sewaktu-waktu karena adanya perubahan suhu udara. Pastikan Anda tidak melewatkan waktu-waktu terbaik untuk melihat Sakura.

Sumber: “Sakura Forecast” dari Weather Map per 2 Februari 2018
Situs: https://sakura.weathermap.jp/ (Japanese)
https://sakura.weathermap.jp/en.php (English)

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™ (22 January 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.