Di Kediri Ada Bakso Kelapa Muda, Penasaran Rasanya?

Kompas.com - 07/03/2018, 10:03 WIB
Bakso dengan wadah penyajian kelapa muda di depot Mak Sri Kota Kediri, Jawa Timur. Kompas.com/M.Agus Fauzul HakimBakso dengan wadah penyajian kelapa muda di depot Mak Sri Kota Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI, KOMPAS.com - Kuliner bakso dengan cita rasa khasnya membuatnya sebagai makanan yang cukup populer di hati masyarakat. Penggemarnya juga tidak sedikit jumlahnya.

Pengembangan terhadap kuliner berbahan utama daging dengan bentuk bola pingpong ini, baik dalam segi bahan, ukuran, hingga pada penampilan penyajiannya terus berkembang.

Salah satunya adalah bakso kelapa muda yang ada di Kota Kediri, Jawa Timur, ini. Bakso ini dapat dijumpai di depot Mak Sri yang ada di Jalan HOS Cokroaminoto 199 Kota Kediri, Jawa Timur.

Bakso ini menggunakan wadah kelapa muda sebagai sarana penyajiannya, yaitu buah kelapa yang telah dipotong pada bagian atasnya lalu diisi dengan bakso lengkap beserta kuah dan variasi tambahannya.

Tampilannya akan menyerupai es degan, tetapi isinya adalah bakso. Ini karena kelapa tersebut sebagai pengganti mangkuk yang dipakai pada umumnya.

Selain itu, air kelapa dalam komposisi tertentu juga dipakai sebagai campuran untuk kuah bakso tersebut, sedangkan bakso masih tetap menggunakan bakso seperti biasa, yaitu daging sapi campur tepung.

Dengan demikian, selain menikmati bakso, lapisan kelapa muda yang masih tetap menempel di dalam tempurungnya juga bisa dimakan.

Ini tentu akan menimbulkan rasa tersendiri, yaitu gurih bercampur rasa manis. Apalagi dengan paduan minuman penutupnya yaitu es campur, akan menambah sensasinya.

Misbakhul Munir, salah satu staf Depot Mak Sri, menuturkan, bakso kelapa muda ini memang bukan kreasinya sendiri dan inspirasinya berasal dari Yogyakarta yang memang sudah ada duluan.

"Tapi kalau di Kediri, cuma ada kami ini. Tidak ada yang lainnya," ujar Munir saat ditemui Minggu lalu.

Hidangan bakso dengan cara penyajian yang tidak lazim ini ternyata mampu bertahan cukup lama. Munir mengaku sudah 2 tahun ini menjajakannya.

Munir menyadari bakso ini sasarannya adalah kelompok peminat khusus dan para pengunjung yang suka mencoba kuliner baru.

Ia mengaku dalam sehari, pengunjung yang datang mencapai 50 orang. Harga seporsi bakso yang disajikan di kelapa yaitu Rp 20.000 per porsi.

Depot bakso kelapa muda Mak Sri buka antara pukul 09.00 Wib- 01.00 Wib untuk hari Senin-Jumat. Untuk Sabtu dan Minggu buka 24 jam. Wi-fi menjadi salah satu fasilitasnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X