Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vegan dan Vegetarian Itu Berbeda...

Kompas.com - 07/03/2018, 14:17 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang yang tidak menyantap daging seringkali semua disebut vegetarian. Namun sebenarnya ada banyak jenis vegetarian di dunia. Tidak semua pelaku vegetarian hanya menyantap sayur, ada juga yang menyantap daging atau produk turunan hewani.

President International Vegetarian Union (IVU), Susianto di acara jumpa pers Vegan Culinary Festival 2018 yang diselenggarakan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (6/3/2018) menjelaskan pembagian vegetarian sesuai jenis makanan yang dikonsumsi. Pembagian kelompok vegetarian ini diharapkan juga dapat bermanfaat bagi para pelaku wisata yang mengincar wisatawan vegetarian.

1. Semi Vegetarian

Kelompok ini tidak menyantap daging dalam waktu-waktu tertentu. Misal dalam satu minggu dua hari tidak menyantap daging, sisanya lima hari menyantap daging. Bagi yang sedang dalam tahap transisi menjadi vegetarian juga dapat digolongkan sebagai semi vegetarian.

2. Pesco Vegetarian

Tidak semua vegetarian menghindari makan daging. Contohnya kelompok pesco vegetarian. Dengan catatan kelompok ini hanya menyantap daging ikan dan hidangan laut tertentu. Sedangkan daging unggas dan daging merah tidak disantap oleh kelompok pesco vegetarian. Kelompok yang juga akrab disebut pescetarianism ini kadang masih menyantap telur dan susu. Namun pesco vegetarian seringkali tidak diakui oleh kelompok vegetarian lain.

3. Lacto-ovo Vegetarian

Kelompok ini tidak menyantap daging unggas, daging merah, dan hidangan laut. Namun demikian lacto ovo vegetarian masih mengonsumsi produk turunan hewan, seperti susu dan telur.

4. Vegan

Kelompok vegan sama sekali tidak menyantap daging dan produk turunan hewan. Mereka mendapat sumber gizi dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian, dan jamur-jamuran.

5. Kelompok Vegetarian karena Kepercayaan

Ada beberapa kepercayaan seperti Buddha, Hindu, Taoisme, dan Jaina yang memang mengajarkan umatnya untuk tidak menyantap daging. Selain itu masing-masing kepercayaan juga melarang menyantap tumbuhan tertentu, seperti bawang atau umbi-umbian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com