Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2018, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penggemar durian di Jakarta dan sekitarnya, siap-siap meluangkan waktu di akhir pekan. Ada Festival Durian bertajuk Durian Fair di Blok M Square, Jakarta hingga tanggal 11 Maret 2018.

Sekitar 20 jenis durian didatangkan untuk memenuhi hasrat penggemar durian di Ibu Kota. Dari semuanya jenis durian kali ini didominasi durian asal Pulau Jawa. Seperti durian Bawor Banyumas, Petruk Jepara, Rancamaya Bogor, Monti Semarang, Brongkol Ambarawa, dan banyak lagi.

"Memang yang lagi banyak panen itu durian Jawa, jadi yang lebih kita kenalkan sekarang durian dari Jawa," tutur Ketua penyelenggara Durian Fair, Winda saat ditemui KompasTravel di lokasi acara, Rabu (7/3/2018).

Baca juga : Panen Durian di Baduy, Yuk Wisata Durian...

Harga yang dipatok dalam bazar kali ini mulai Rp 60.000 hingga Rp 120.000 per kilo. Anda bisa makan ditempat maupun dibawa pulang dengan kemasan khusus.

Yudi, seorang distributor durian saat membedakan durian kupas mana yang bagus untuk dibeli, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Yudi, seorang distributor durian saat membedakan durian kupas mana yang bagus untuk dibeli, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).
Setiap hari pada jam 13.00 WIB, diadakan perlombaan makan durian untuk para pengunjung. Dengan tiket pendaftaran Rp 10.000, pesertanya diminta menghabiskan tiga ons durian dalam waktu dua menit saja.

"Nanti juara lomba makan durian tiap harinya akan kita adu di final, 11 Maret (2018), yang menang dapet Rp 250.000 dan piala," ujar Winda.

Baca juga : Ini Durian Terenak Indonesia Versi Profesor Korea

Selain itu, ada juga lomba durian terbaik. Peserta harus berasal dari para pedagang yang mengikuti bazar ini. Penilaiannya dari rasa durian terenak versi penyelenggara.

Kali ini durian yang jadi favorit pengunjung menurut penyelenggara ialah durian dari Palu, Sulawesi Tengah. Saat KompasTravel berkunjung, tak banyak durian dari Palu yang tersisa.

Lomba makan durian yang berlangsung setiap hari, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Lomba makan durian yang berlangsung setiap hari, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).
"Selain itu juga yang gak kalah ramai, ada durian petruk, brongkol, dan rancamaya," pungkas Winda.

Pengunjung bisa datang mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Winda menambahkan, biasanya pengunjung durian masih tetap ramai bahkan hingga pukul 23.00 di akhir pekan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+