Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Geprek Versi Hotel Bintang Lima, Seperti Apa?

Kompas.com - 07/03/2018, 22:00 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren hidangan ayam geprek kini merambah ke hotel. AYANA Midplaza Jakarta menghadirkan hidangan ayam geprek di menu buffet makan siang. Tentunya ada yang berbeda dengan ayam geprek yang dijual di hotel bintang lima ini.

"Ayam geprek ini sebenarnya ide dari salah satu gerai ayam geprek. Suatu hari kami (staf restoran) ingin tahu ayam geprek. Kami beli, kami coba. Akhirnya kami aplikasikan tetapi tidak sama seperti yang itu," kata Executive Sous Chef di AYANA Midplaza Jakarta, Johan Kusnadi saat diwawancara di acara Easter Brunch Preview, Rabu (7/3/2018).

Perbedaan ayam geprek biasa dengan versi AYANA Midplaza Jakarta adalah rasa dan ukuran. Jika ayam geprek biasa menggunakan dada ayam suwir, atau sepotong dada ayam yang digeprek (ditekan), maka ayam geprek di AYANA Midplaza Jakarta menggunakan dada ayam fillet yang tidak digeprek.

Barisan dada ayam kemudian direkatkan menjadi satu menggunakan keju dengan bentuk horizontal sehingga ukurannya terlihat sangat besar.

Selanjutnya, gabungan dada ayam tersebut dilapisi dengan tepung, digoreng garing, diolesi sambal, dan terakhir diberi toping keju mozarella leleh.

Ayam geprek AYANA Midplaza Jakarta memiliki cita rasa baru dan tekstur dada ayam lengas (juicy) tidak kering sama sekali. Hal itu lantaran daging dimarinasi dengan bumbu khusus sebelum dimasak.

Ayam geprek di Restoran RASA, AYANA Midplaza Jakarta.Johan Kusnadi Ayam geprek di Restoran RASA, AYANA Midplaza Jakarta.

Soal sambal, ayam geprek AYANA Midplaza Jakarta punya variasi. Untuk tingkat kepedasan sambal yang sangat tinggi, dinamai sambal nyinyir. Sambal ini terdiri dari cabai rawit hijau, merah, dan bawang merah yang ditumis.

"Tamu-tamu yang suka pedas biasanya suka dengan ini. Memang kalau buat sambal ini dua mata pedang, ada yang doyan banget sampai tambah terus ada yang bilang kepedasan," kata Johan.

Sebagai pelengkap, ayam geprek AYANA Midplaza Jakarta juga memberi toping sambal nyinyir dan sambal terasi yang dapat diambil sepuasnya, juga lalap. Keju mozarella cair di atas ayam geprek juga lebih tebal ketimbang ayam geprek biasa.

Hidangan ayam geprek versi AYANA Midplaza Jakarta terbilang baru dalam hidangan buffet makan siang. Johan mengatakan baru ada satu setengah bulan.

"Rencananya masih satu bulan lagi karena per tiga bulan kita rolling makannya. Dalam seminggu ada dua kali keluar ayam geprek ini," kata Johan.

Ayam geprek versi hotel bintang lima ini dapat ditemui di RASA Restaurant, lantai satu AYANA Midplaza Jakarta, Jalan Jendral Sudirman Kavling 10-11, Jakarta Pusat. Harga paket makan siang buffet atau prasmanan di restoran ini adalah Rp 300.000-an dari pukul 11.30-14.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com