Ini Jadwal Panen Durian di Indonesia - Kompas.com

Ini Jadwal Panen Durian di Indonesia

Kompas.com - 08/03/2018, 08:32 WIB
Durian hasil panen di Baduy, Desa Adat Baduy atau Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (17/2/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Durian hasil panen di Baduy, Desa Adat Baduy atau Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (17/2/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki jenis durian yang amat beragam, dari ujung Sumatera hingga ke Papua. Namun, semua ternyata memiliki waktu panen yang berbeda.

Meski Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu, ataupun beberapa gugusan pulau, tetapi panen durian dalam satu pulau tersebut tidak berbarengan. Bahkan cenderung lompat dari satu pulau ke pulau lainnya dalam satu bulan yang sama.

KompasTravel sempat bertemu dengan Salim, pemilik kios Durian Salim di beberapa kota di Indonesia yang ternyata sudah 20 tahun lebih menggeluti dunia durian. Pertemanannya dengan durian berawal dari 1995, saat ditugaskan di Taman Buah Mekarsari, Bogor.

Saat ini ia memjadi distributor durian dari lebih dari 20 kota penghasil durian di Indonesia. Tak heran, waktu panen durian dan lokasinya di berbagai kota tersebut, telah hafal di luar kepalanya.

Pak Likin sedang menunjukkan durian kepada wisatawan yang datang ke kebunnya di Songgon Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (18/2/2018).KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Pak Likin sedang menunjukkan durian kepada wisatawan yang datang ke kebunnya di Songgon Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (18/2/2018).

" Panen durian tuh ga mesti dari barat dulu semua, baru ke Indonesia timur. Tapi lompat-lompat, tergantung kondisi geografis alam di sana," pungkasnya saat ditemui KompasTravel di Durian Fair, Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Ia menerangkan, awal panen durian di Indonesia dimulai saat pertengahan tahun, yaitu bulan Juli. Menurutnya bulan Juli-Agustus, panen durian berlangsung di kawasan Medan dan Aceh.

"Dari Medan, lompat ke Semarang pas September-Desembernya. Di sana ada Gunung Pati dan Ambarawa," tuturnya menjelaskan dengan singkat.

Setelah itu, masuk pertengahan September Anda bisa berburu panen durian di Bogor, tepatnya Rancamaya juga Jonggol. Daerah Cianjur kota pun turut panen raya pada pertengahan September.

Festival Bazar Durian BogorKOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Festival Bazar Durian Bogor

Menuju bulan Oktober, giliran Provinsi Banten yang kedapatan durian runtuh. Panen di Banten berlangsung di Pandeglang. Namun, bulan Januari ke Februari masih ada panen di Banten, yaitu di Baduy.

"Januari itu juga ada Lampung, panen. Selang dua minggunga baru durian di Palembang, panen," jelasnya.

Durian di Jawa Tengah dan Timur, lebih sering panen di bulan Februari hingga Maret. Penuturan Salim pun berakhir di bulan Maret, dengan panen durian di Bengkulu.

Namun, menurutnya rentetan jadwal panen durian tersebut tidak selalu tepat waktu. Tahun ini saat cuaca semakin tidak bisa diprediksi, membuat panen durian suka meleset dari jadwal atau gagal panen.

"Tahun ini makin ga tentu cuaca, jadi bikin durian minim panen, bahkan beberapa ya ada aja yang gagal panen," ungkap Salim.

Menurutnya, Indonesia harus semakin maju dalam pertanian. Ia mencontohkan Thailand yang bisa merunutkan waktu panen durian sehingga komoditi tersebut terus ada hampir sepanjang tahun.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X