Ladies, Kamu Mau Traveling? Simak Tipsnya... - Kompas.com

Ladies, Kamu Mau Traveling? Simak Tipsnya...

Kompas.com - 08/03/2018, 11:50 WIB
ilustrasi travelinganyaberkut ilustrasi traveling

JAKARTA, KOMPAS.comTraveling tentunya sangat dibutuhkan sebagai obat penghilang penat untuk para perempuan. Tak hanya untuk mereka yang bekerja, tetapi juga untuk mereka yang bekerja di rumah.

Agar perjalanan Anda lebih aman dan nyaman, ada beberapa tips untuk para perempuan yang ingin berlibur. Simak beberapa hal ini yang dihimpun KompasTravel.

1. Lakukan Perencanaan Perjalanan

Membuat rencana perjalanan menjadi salah satu hal utama yang harus disiapkan. Seperti halnya dari transportasi, akomodasi, destinasi, hingga lama waktu liburan Anda.

Baca juga : Tips Berkunjung ke Jepang untuk Wisatawan Pemula Saat Musim Dingin

Hal ini sebaiknya dilakukan guna membuat liburan Anda lebih nyaman. Sehingga Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dan lokasi mana yang akan dituju. Buatlah perencanaan sedetail mungkin.

2. Siapkan Budget

Sambil menyiapkan perencanaan perjalanan, tak lupa pula meyiapkan budget untuk liburan. Sebaiknya ketika liburan disesuaikan pula dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai melebihi budget.

Baca juga : Jangan Malu Ketemu Teman Baru Saat Traveling...

Selain itu pula, jika Anda traveling ke luar negeri, sebaiknya siapkan mata uang yang bisa digunakan di negara tersebut. Bisa juga Anda menyiapkan uang tunai rupiah yang bisa ditukarkan sesampainya di negara yang dituju.

IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

3. Bawa Barang Secukupnya

Hal yang sering terjadi ketika perempuan ingin traveling adalah membawa barang yang terlalu banyak. Sebaiknya Anda membawa barang yang akan benar-benar digunakan nantinya.

Perlengkapan seperti alat mandi, peralatan make up, baju, sepatu, kacamata hitam dan obat-obatan pribadi tak boleh tertinggal.

Kemudian juga untuk menghemat barang bawaan Anda, sebaiknya sudah menyiapkan baju untuk setiap harinya saat traveling saat packing. Nantinya Anda pun tak perlu bingung memilih baju mana yang digunakan.

Lalu juga ketika packing, agar tas atau koper muat menampung seluruh barang, maka gulungkan baju-baju dan masukkan barang-barang kecil dalam satu tempat.

Sebaiknya pula tak perlu membawa sepatu dan tas terlalu banyak. Setidaknya bisa membawa satu sepatu, satu sandal, dan satu tas selempang (sling bag) atau ransel berukuran kecil. Tas kecil ini berguna untuk menyimpan barang-barang penting seperti ponsel, dompet, paspor, dan dokumen penting lainnya.

4. Sesuaikan Busana dengan Destinasi yang Dituju

Selagi memilih busana mana yang akan dibawa, sebaiknya cek kembali destinasi yang akan dikunjungi. Bila Anda akan berkunjung ke tempat yang berkaitan dengan keagamaan atau pun ke desa adat sebaiknya gunakan busana yang lebih sopan.

Namun, jika Anda bertujuan ke pantai, maka bisa menggunakan busana dengan bahan yang lebih nyaman digunakan.

Kalau sudah ada tawaran diskon, barang yang tidak terlalu diperlukan pun malah jadi dibeli.THINKSTOCK.COM Kalau sudah ada tawaran diskon, barang yang tidak terlalu diperlukan pun malah jadi dibeli.

5. Jangan Kalap Belanja

Berbelanja di tempat wisata menjadi hal lumrah yang dilakukan, apalagi untuk para wanita. Akan tetapi, pikirkan kembali barang yang Anda beli. Tentunya harus disesuaikan pula dengan muatan koper juga budget Anda.

Jangan sampai karena ketagihan berbelanja Anda kehabisan uang. Jika memang budget berbelanja sudah dipersiapkan, namun barang yang dibeli terlalu banyak, maka Anda bisa mencari dan membeli tas atau koper murah.

Tak lupa pula setelah berbelanja, packing kembali barang-barang Anda. Pastikan barang Anda tidak rusak dalam perjalanan.

6. Jangan Lupa Foto

Ketika traveling, jangan lupa abadikan setiap momen Anda. Carilah spot-spot foto yang membuat foto menjadi lebih ciamik dan menjadi foto yang instagramable. Jika ingin berfoto tanpa merepotkan orang lain, jangan lupa membawa tripod. 

Lakukan apa yang Anda suka sebagai waktu untuk menghibur diriShutterstock Lakukan apa yang Anda suka sebagai waktu untuk menghibur diri

7. Mencoba Hal Baru dan Solo Traveling

Traveling tak sekadar jalan-jalan santai, tetapi Anda juga bisa melakukan sesuatu hal baru yang jarang dilakukan. Misalnya saja melakukan trekking atau wisata olahraga. Bila liburan ke pantai, Anda bisa mencoba snorkeling atau diving. Bila ke pegunungan, bisa lakukan panjat tebing dan paralayang.

Kemudian, traveling pun tidak selalu harus dilakukan bersama keluarga atau teman. Anda bisa merencanakan perjalanan sendiri. Ini pun akan memberikan kesan tersendiri untuk Anda. Mulai dari mengurus segala sesuatunya sendiri hingga bertemu dengan teman-teman baru yang tak diduga.

Nah, bila memilih solo traveling, jangan lupa tetap memerhatikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan ya guys!


Komentar

Close Ads X