Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Himeji Jepang, Ada Sewa Sepeda Gratis untuk Berwisata

Kompas.com - 08/03/2018, 20:30 WIB
Nursita Sari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

HIMEJI, KOMPAS.com - Kota Himeji di Prefektur Hyogo, Jepang, bisa menjadi salah satu destinasi wisata bagi Anda yang gemar bersepeda.

Di Himeji, wisatawan bisa dengan leluasa menjelajahi banyak tempat wisata cukup dengan bersepeda, mulai dari Kastel Himeji, Kokoen Garden, kebun binatang, museum seni, museum literatur Himeji, museum sejarah Prefektur Hyogo, hingga pusat perbelanjaan Miyuki-dori yang lokasinya berdekatan.

Trotoar yang lebar di Himeji juga membuat wisatawan semakin nyaman bersepeda. Bahkan, ada jalur dan rute khusus sepeda yang disiapkan Pemerintah Kota Himeji.

"Di sini cycling karena banyak daerah datar, tidak naik turun," kata Assistant Director of Regional Revitalization Division Pemerintah Kota Himeji, Tomohiro Ishihara, Senin (5/3/2018).

KompasTravel mulanya akan berkeliling Himeji dengan bersepeda. Sayangnya, cuaca pada hari itu hujan seharian. Kegiatan bersepeda bersama rombongan jurnalis dari Indonesia pun dibatalkan.

Sepeda yang disewakan secara gratis di Stasiun Sepeda Harima, Kota Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Foto diambil Senin (5/3/2018). KOMPAS.com/NURSITA SARI Sepeda yang disewakan secara gratis di Stasiun Sepeda Harima, Kota Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Foto diambil Senin (5/3/2018).

Bagi wisatawan yang ingin bersepeda menjelajahi pariwisata Himeji, Anda tak perlu repot-repot membawa atau membeli sendiri sepeda.

Anda bisa langsung menyewa sepeda di Stasiun Sepeda Harima yang berlokasi di Terminal Bus Shinki. Lokasinya berada satu kawasan dengan Stasiun Himeji. Jarak dari kawasan stasiun ke Kastel Himeji hanya kurang lebih 1,8 kilometer.

Anda juga tidak perlu khawatir merogoh kocek untuk menyewa sepeda di Stasiun Sepeda Harima. Sepeda itu bisa disewa dengan gratis seharian.

"Ini program Pemda (Pemerintah Kota Himeji). Di sini sewa sepeda tidak perlu bayar. Anggarannya dari APBD dalam rangka promosi pariwisata," ujar Kepala Departemen Strategi dan Pengembangan Bisnis Shinki Bus Co Ltd, Yoh Tamura.

Wisatawan mengenakan kimono saat jalan-jalan di kawasan Miyuki-dori, Himeji, Jepang, Minggu (4/3/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Wisatawan mengenakan kimono saat jalan-jalan di kawasan Miyuki-dori, Himeji, Jepang, Minggu (4/3/2018).

Stasiun Sepeda Harima buka setiap hari mulai pukul 09.30 - 18.00 waktu setempat. Setiap harinya, ada delapan buah sepeda yang bisa disewa di sana.

Sayangnya, sepeda yang tersedia hanya bisa digunakan orang dewasa. Tidak ada sepeda khusus anak-anak.

Bagi wisatawan internasional, Anda cukup menunjukkan paspor untuk dapat menyewa sepeda di Stasiun Sepeda Harima. Sementara, wisatawan domestik diminta untuk menunjukkan kartu identitas mereka.

Setelah puas bersepeda di kawasan Himeji, jangan lupa untuk mengembalikan sepeda tersebut ke Stasiun Sepeda Harima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com