Disukai Pengunjung, Atraksi Kera Panjat Pinang di Goa Kreo

Kompas.com - 09/03/2018, 10:34 WIB
Terdapat sekitar 400-500 kera yang hidup di kawasan Goa Kreo. Kera-kera ini liar namun dilindungi oleh pemerintah setempat. Kehadirannya juga selalu menemani pengunjung saat berwisata ke Goa Kreo. KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWANTerdapat sekitar 400-500 kera yang hidup di kawasan Goa Kreo. Kera-kera ini liar namun dilindungi oleh pemerintah setempat. Kehadirannya juga selalu menemani pengunjung saat berwisata ke Goa Kreo.

SEMARANG, KOMPAS.com - Keberadaan kera ekor panjang di kawasan Argo Wisata Goa Kreo, Kelurahan Kandri, Gunungpati, Semarang menjadi daya pikat tersendiri bagi para pengunjung.

Populasi kera di sana mencapai kisaran 300 ekor. Ada atraksi yang sangat ditunggu pengunjung, yakni atraksi panjat pinang antar-kera.

Dalam hal ini, Kepala UPTD Argo Wisata Goa Kreo, Mamit Sumitra menuturkan bahwa atraksi tersebut digelar setiap Minggu siang.

Baca juga : Berminat Wisata Malam di Semarang? Ini Tempatnya...

Namun tak jarang pula, lanjut Mamit, pihaknya sering mengadakan atraksi kera panjat pinang saat musim liburan tiba.

"Pengunjung kebanyakan paling senang memberi makan kera sambil melihat atraksi panjat pinang. Itu yang membuat banyak orang tertarik datang ke Goa Kreo," kata Mamit kepada Tribunjateng.com, Rabu (7/3/2018).

Pengunjung Gua Kreo Semarang tampak antusias dengan kehadiran kera-kera di sekitar tempat wisata, Rabu (03/05/2017).KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Pengunjung Gua Kreo Semarang tampak antusias dengan kehadiran kera-kera di sekitar tempat wisata, Rabu (03/05/2017).
Lebih lanjut, Mamit menjelaskan bahwa saat digelar panjat pinang, pihaknya selalu memasang benda-benda yang dapat menarik perhatian kawanan kera.

Benda-benda itu bisa berupa pisang, buntelan kacang dan sejenisnya.

Baca juga : Ini Kata Para Dubes Uni Eropa Usai Keliling Kampung Pelangi Semarang

Untuk akhir pekan, Mamit menjelaskan, kunjungan wisatawan ke Goa Kreo naik dua kali lipat atau sebanyak 1.500 orang. Dibanding hari biasa, pengunjung hanya mentok mencapai 300 orang per hari.

Untuk terus meningkatkan jumlah pengunjung, menurut Mamit, pihaknya kini juga berupaya merangkul komunitas pecinta motor (biker).

Goa Kreo di Semarang, Jawa Tengah. Foto diambil 28 Juni 2014.   TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA Goa Kreo di Semarang, Jawa Tengah. Foto diambil 28 Juni 2014.
Dalam setahun, para biker yang menggelar acara di Kreo bertambah banyak seiring adanya kemudahan perizinan yang diberikan oleh pihaknya.

"Meski begitu, tetap harus membayar tiket masuk. Keberadaan para biker ini bisa memberikan kontribusi cukup bagus bagi kegiatan pariwisata di kawasan Goa Kreo," lanjut Mamit. (Tribun Jateng)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X