Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Nasional Bali Barat Terbaik di Asia Pasifik Versi ITB Berlin

Kompas.com - 09/03/2018, 20:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Nasional Bali Barat (TNBB) mendapat penghargaan "Best Top 100 Destination" di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman, Rabu (7/3).

Penghargaan untuk TN Bali Barat sebagai Best Top 100 Destination diserahkan di Palais am Funkturm, ITB Berlin. Proses pengumuman pemenang dilakukan sekitar 16.00 waktu Berlin.

Total ada lima kategori penghargaan yang diberikan mulai dari Best of Cities, Communities & Culture, hingga Best of Nature. Selain itu ada Best of Seaside, Earth Award, dan Best of the Planet.

“Ini akan menaikkan 3C kita, Calibration, Confidence dan Credible!” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (9/3).

Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali.

Untuk kategori Best of the Planet, masih dirinci menjadi enam sub kategori lagi mulai dari Best of Africa, Americas, Asia-Pacific, juga Europe. Ada juga Best of Atlantic dan Mediterranean.

Berada di zonasi Benua Kuning, TNBB akhirnya terpilih sebagai Best of the Planet untuk Asia Pasific. TNBB ini mendampingi High Pamirs Mountain Region (Tajikistan) yang terpilih sebagai pemenangnya.

“Terpilihnya TNBB sebagai Best Top 100 Destination untuk Best of the Planet di Asia-Pacific tentu sangat membanggakan. Sebab, prestasi ini memiliki fungsi yang sangat strategis khususnya bagi TNBB,” tutur Arief.

Ditambahkan Menpar, prestasi TNBB sangat penting. Penghargaan berpengaruh kepada aspek 3C.

Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.BARRY KUSUMA Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.
“Ini juga menaikkan indeks daya saing pariwisata Indonesia,” tutur Arief.

“Prestasi TNBB ini pengaruhnya besar. Kami selalu menggunakan standard global sebagai acuan. TNBB sangat memenuhi syarat itu. Kepercayaan TNBB tentu naik, termasuk kredibilitas pariwisata Indonesia di level dunia,” katanya.

Bersama Thailand, TNBB menjadi wakil ASEAN yang berkibar di ITB Berlin. Destinasi Tung Dap Village yang menjadi andalan Thailand, berada di urutan enam besar kategori Best of Cities, Communities & Culture.

Persaingan ketat dihadapi spot yang masuk 100 top-sustainable destinations. Dari persaingan besar, lalu dikerucutkan menjadi 32 finalis. Screening terhadap destinasi terbaik dilakukan juri dari 12 organisasi internasional.

Penghargaan ini dinilai oleh para juri independen. Beberapa kriteria penilaian mulai dari kualitas, daya tarik, dan keberlanjutan destinasi dalam industri pariwisata.

Anggota Banyuwangi Photography Community berfoto bersama di Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali, Minggu (29/10/2017).ARSIP BAYU CATUR PAMUNGKAS Anggota Banyuwangi Photography Community berfoto bersama di Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali, Minggu (29/10/2017).

“Secara umum kami puas dengan beragam prestasi di ITB Berlin ini. TNBB telah memenuhi berbagai aspek standar global. Masa depannya sangat bagus. TNBB ini juga sangat populer,” tegasnya.

Sementara Ketua Tim Percepatan Ecotourism Kemenpar, David Makes, menilai TNBB layak mendapat penghargaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com