Pengalaman Berkunjung ke Dapur McDonald's Indonesia - Kompas.com

Pengalaman Berkunjung ke Dapur McDonald's Indonesia

Kompas.com - 10/03/2018, 07:51 WIB
Gerai cepat saji Mcdonalds merilis makanan baru yaitu chicken spicy.KOMPAS.com / Silvita Agmasari Gerai cepat saji Mcdonalds merilis makanan baru yaitu chicken spicy.

JAKARTA, KOMPAS.com - Restoran cepat saji McDonald's tentu tidak asing bagi warga Jakarta terutama generasi '90an. Sebuah kesempatan langka ketika akhirnya diajak untuk melihat dapur McDonald's di Sarinah, Jakarta.

"Banyak orang salah persepsi tentang apa yang kita lakukan di dapur, dari media sosial terutama. Mengapa kita membuka dapur bagi masyarakat luas supaya melihat sendiri jadi tidak ada yang ditutupi. Food safety dan food quality yang kita sajikan untuk konsumen," kata Associate Director of Communications McDonald's Indonesia, Sutji Lantyka saat acara jumpa pers persiapan National Breakfast Day dan peluncuran menu baru, Jumat (9/3/2018).

Baca juga : Ini Syarat Dapatkan Sarapan Gratis Chicken Muffin...

Sebelum masuk dapur, pengunjung wajib mematuhi peraturan McDonald's yaitu cuci tangan setiap satu jam dan menggunakan sarung yangan plastik.

Ada banyak peralatan masak canggih berukuran besar di dapur McDonald's. Semua memiliki pengukuran suhu.

"Setiap pagi kami ada check list suhu dan expired makanan," kata Quality McDonald's Sarinah, Fauziah.

Pramusaji melayani pembagian 1.000 cihicken muffin di McDonalds national breakfast dayKompas.com/Silvita Agmasari Pramusaji melayani pembagian 1.000 cihicken muffin di McDonalds national breakfast day
Saat memasak, suhu minyak juga terus diukur dengan mesin otomatis. Misalnya ayam dimasak dengan suhu 166 derajat celcius selama 12 menit. Sekali memasak, penggorengan McDonald's dapat menampung 27 potong ayam.

Staf di bagian dapur akan langsung memasak ketika menerima sinyal dari staf penyaji di bagian depan. Sinyalnya adalah bendera kuning dan jumlah ayam yang disajikan. Ada juga staf bagian khusus penyaji hidangan seperti burger atau telur dadar.

"Staf McDonald's di-training tiga bulan sebelum ditempatkan di bagiannya. Jadi makanan tidak akan gagal," kata Fauziah.

Semua bekerja serba serba cepat, agar makanan dapat sampai ke konsumen dalam kondisi hangat dan tepat waktu.

Chicken muffinKOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Chicken muffin
Di bagian belakang dapur ada empat lemari pendingin berukuran besar untuk menyimpan bahan makanan. Lemari pendingin dilengkapi pengukuran suhu, dan setiap makanan tertera waktu masuk dan kadaluarsa.


Dari pantauan KompasTravel, dapur McDonald's bersih dan bebas bau. Hanya saja memang suasananya panas, karena banyak peralatan menggoreng berukuran besar. Tertarik melihat dapur McDonald's?

Sutji menambahkan, pengunjung diizinkan untuk masuk ke dapur McDonald's, dengan syarat tidak boleh memotret kondisi dapur.

Komentar
Close Ads X