Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MICE dan Event Dorong Okupansi Hotel di Pekanbaru

Kompas.com - 10/03/2018, 16:47 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


PEKANBARU, KOMPAS.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan bahwa pertumbuhan hotel berbintang di Pekanbaru kian pesat. Kendati demikian, Pemerintah Kota Pekanbaru terus memasarkan wisata berkaitan dengan meningkatkan okupansi hotel.

Hal serupa pula dikatakan oleh Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra okupansi hotel-hotel di Pekanbaru akan didorong melalui Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE), Event dan wisata lainnya.

Baca juga : Belum Banyak Pelancong Tahu jika Riau Memiliki Gelombang Bono

“Jadi kita sudah membranding (Pekanbaru) sebagai kota yang memiliki MICE. Tentu juga ada obyek wisata yang bisa mendukung MICE. Kita kerja sama dengan Pekansikawan yaitu Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan,” kata Ardiansyah saat ditemui dalam grand launching Fox Harris Hotel Pekanbaru, Riau, Kamis (8/3/2018).

Sejumlah peselancar lokal bersaing untuk dapat berdiri paling lama saat berkompetisi di lomba selancar gelombang bono, Sungai Kampar, Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Selasa (19/11/2013). Lomba yang diikuti 30 peserta tersebut merupakan rangkaian dari Festival Bekudo Bono 2013. Acara diselenggarakan 17-23 November dengan beragam kegiatan, mulai dari lomba memancing, berselancar hingga pergelaran budaya lokal dan bazar.TRIBUN PEKANBARU/MELVINAS PRIANANDA Sejumlah peselancar lokal bersaing untuk dapat berdiri paling lama saat berkompetisi di lomba selancar gelombang bono, Sungai Kampar, Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Selasa (19/11/2013). Lomba yang diikuti 30 peserta tersebut merupakan rangkaian dari Festival Bekudo Bono 2013. Acara diselenggarakan 17-23 November dengan beragam kegiatan, mulai dari lomba memancing, berselancar hingga pergelaran budaya lokal dan bazar.

Ia menjelaskan, Pekanbaru sendiri tidak memiliki obyek wisata yang lebih spesifik, sehingga akan mengutamakan MICE dan Event.

Melalui event di Provinsi Riau, kata Ardiansyah para wisatawan bisa memilih menginap di Kota Pekanbaru, sehingga ini pula bisa membantu okupansi hotel yang ada.

Baca juga : Agenda Pariwisata Riau 2018, Ada Ombak Bono sampai Bakar Tongkang

Ketiga event yang diutamakan antara lain Event Bakar Tongkang, Festival Pacu Sampan, dan Festival Bono atau Bekudo Bono. 

Selain itu juga, Pekanbaru akan terus mengembangkan wisata lainnya seperti budaya, sejarah, dan kuliner

Tugu Zapin yang ada di depan Kantor Gubernur Riau, di Pekanbaru, Riau, Jumat (9/3/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Tugu Zapin yang ada di depan Kantor Gubernur Riau, di Pekanbaru, Riau, Jumat (9/3/2018).

“Jadi kita akan mengembangkan itu agar bisa mensupport terutama okupansi hotel-hotel di Pekanbaru,” kata Ardiansyah.

Adapun salah satu hotel yang baru saja diresmikan adalah Fox Harris Hotel Pekanbaru. Hotel milik PT Halla Mohana, anak perusahan PT Mahadana Dasha Utama ini melakukan rebranding yang kini bekerjasama dengan Tauzia Hotel Management.

Sementara itu ke depannya akan hadir hotel-hotel baru di Pekanbaru. Pantauan KompasTravel beberapa hotel belum terselesaikan, karena masih dalam tahap pembangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com