Lebih Baik Land Tour atau Paket Tur Lengkap? Ini Penjelasannya... - Kompas.com

Lebih Baik Land Tour atau Paket Tur Lengkap? Ini Penjelasannya...

Kompas.com - 10/03/2018, 18:53 WIB
Bus wisatawan di Taman Oishi, Prefektur Yamanashi, Jepang, Rabu (30/11/2016). Dari taman ini, wisatawan bisa menyaksikan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Bus wisatawan di Taman Oishi, Prefektur Yamanashi, Jepang, Rabu (30/11/2016). Dari taman ini, wisatawan bisa menyaksikan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran wisata Japan Travel Fair (JTF) kembali hadir di Mall Kota Kasablanka, Jakarta pada 9-11 Maret 2018. Ada banyak promo menarik sepertk tiket pesawat dan paket wisata ke Jepang.

Dari pantauan KompasTravel, banyak agen perjalanan yang menawarkan promo harga land tour di Jepang. Mulai dari sehari melihat sakura, sakura bertualang di kawasan Gunung Fuji, sampai berkimono di daerah Kyota layaknya geisha.

Baca juga : Musim Sakura Tiba, Apa Artinya bagi Orang Jepang?

Berbeda dengan paket tur lengkap yang menawarkan jadwal perjalanan penuh dan terencana, peserta land tour hanya ikut serta di satu lokasi wisata di Jepang.

" Land tour ini lebih banyak ditawarkan saat pameran karena ada promo tiket pesawat. Jadi pengunjung yang sudah berencana membeli tiket pesawat, sudah menentukan tanggal, bisa menyesuaikan tanggal sendiri dengan land tour," kata Sales Manager H.I.S Travel, Liberty saat ditemui di Japan Travel Fair, di Mal Kota Kasablanka, Jumat (9/3/2018).

Baca juga : Di Himeji Jepang, Ada Sewa Sepeda Gratis untuk Berwisata

Liberty mengatakan, sebagai pihak agen perjalanan dirinya lebih merekomendasikan paket tur. Alasan Liberty, jika dibandingkan harga antara paket tur lengkap dengan land tour plus tiket pesawat, akomodasi, dan konsumsi harganya tidak berbeda jauh.

Wisatawan mengenakan kimono saat jalan-jalan di kawasan Miyuki-dori, Himeji, Jepang, Minggu (4/3/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Wisatawan mengenakan kimono saat jalan-jalan di kawasan Miyuki-dori, Himeji, Jepang, Minggu (4/3/2018).
"Kalau dihitung bedanya 11:12 karena untuk paket tur wisata lengkap itu dari agen perjalanan juga melakukan nego harga pesawat dengan maskapai agar mendapat harga yang lebih murah," kata Liberty.

Khususnya land tour yang privat atau tidak berkelompok akan semakin mahal. Sebab biaya transportasi yang dapat dibagi ke banyak orang jadi ditanggung sendiri.

Dari segi peminat, baik land tour dan paket tur biasa menurut Liberty hampir sama. "Hanya kalau diperhatikan, memang kebanyakan yang ikut paket tur itu middle age. Cenderung praktis dan tidak terlalu suka bertualang, sedangkan yang land tour yang lebih suka bertualang sendiri," kata Liberty.



Close Ads X