Ini Cara Ikut Kelas Melukis Bersama Seniman Eko Nugroho di Yogyakarta - Kompas.com

Ini Cara Ikut Kelas Melukis Bersama Seniman Eko Nugroho di Yogyakarta

Kompas.com - 11/03/2018, 16:00 WIB
Wisatawan mengikuti workshop art class seniman Eko Nugroho di Yogyakarta Marriott Hotel, Yogyakarta, Jumat (9/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan mengikuti workshop art class seniman Eko Nugroho di Yogyakarta Marriott Hotel, Yogyakarta, Jumat (9/3/2018).

YOGYAKARTAKOMPAS.com - Bosan dengan wisata mainstream Yogyakarta, seperti Malioboro, Candi Prambanan, dan yang lainnya? Yogyakarta punya segudang seniman dengan banyak studio workshopnya.

Kini belajar seni di Yogyakarta bisa menjadi satu alternatif atraksi wisata yang unik. Anda bisa mencoba mengikuti kelas-kelas singkat di akhir pekan, dengan beragam jenis seni yang berkembang di Yogyakarta, mulai seni lukis, kriya, komik, hingga tarian.

Salah satu yang sempat dicoba KompasTravel ialah, workshop singkat dari Eko Nugroho Art Class. Kelas lukis ini sempat diselenggarakan di Yogyakarta Marriot Hotel, untuk menyambut wisatawan kala itu, Sabtu (10/3/2018).

Salah satu seniman lukis kawakan Indonesia ini membuka kursus singkat di akhir pekan. Kursus tersebut memang ia khususkan bagi wisatawan yang hanya memiliki waktu di akhir pekan untuk mencoba melukis.

"Weekend holiday class memang sengaja kita adakan singkat hanya 2-3 jam di akhir pekan. Biasanya diadakan di tempat kami, tapi kalau ada pesanan di tempat lain bisa kita sesuaikan," ujar Eko Nugroho kepada KompasTravel, dalam program tersebut di Yogyakarta Marriott Hotel, Sabtu (10/3/2018).

Wisatawan bisa mencoba membuat lukisan baik di atas kanvas, maupun di media lain seperti tote bag, dompet, dan lainnya. Tentunya dipandu langsung oleh sang maestro Eko Nugroho, atupun para staf pengajarnya.

Seniman Eko Nugroho setelah memberikan workshop art class ke wisatawan di Yogyakarta Marriott Hotel, Yogyakarta, Jumat (9/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Seniman Eko Nugroho setelah memberikan workshop art class ke wisatawan di Yogyakarta Marriott Hotel, Yogyakarta, Jumat (9/3/2018).

Serunya, hasil lukisan Anda di berbagai medi tersebut bisa dibawa pulang sebagai hasil karya sendiri. Teknik melukis yang diajarkan pun beragam, mulai bagaimana mengkombinasikan warna, hingga membuat efek-efek realis, tentu sesuai kemampuan Anda.

"Untuk wisatawan yang penting fun aja, kita ajarkan di media yang bisa jadi merchandise, kaya totebag," tutur Eko.

Ia sepakat, kini seni bisa dikolaborasikan dengan pariwisata. Studio seninya pun kerap didatangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, untuk sekedar melibat galeri ataupun mencoba melukis.

Wisatawan mengikuti workshop art class seniman Eko Nugroho di Yogyakarta Marriott Hotel, Yogyakarta, Jumat (9/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan mengikuti workshop art class seniman Eko Nugroho di Yogyakarta Marriott Hotel, Yogyakarta, Jumat (9/3/2018).
Wisatawan biasanya mencoba membuat hal-hal yang ikonik dari Yogyakarta, seperti melukis batik, ataupun bangunan bersejarah seperti Monumen Tugu Yogyakarta.

Untuk weekend holiday class, paket yang ditawarkan Rp 225.000 per orang dewasa dengan media lukis canvas. Jika menggunakan media non canvas, seperti ataupun pouch mulai Rp 175.000. Keduanya berlangsung selama tiga jam.

Setiap akhir pekan ia membukanya di studio seninya, Eko Nugroho Art Class di Jalan Bintaran Tengah nomor 1, Yogyakarta. Galeri workshopnya buka mulai pagi 08.00 hingga 18.00 WIB.

Selain kelas akhir pekan tersebut, galeri workshopnya juga membuka berbagai kelas, mulai dari privat hingga kemitraan dengan sekolah ataupun komunitas.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X