Unik! Doodle Burger Sajikan Burger dengan Karakter Tokoh Kartun - Kompas.com

Unik! Doodle Burger Sajikan Burger dengan Karakter Tokoh Kartun

Kompas.com - 12/03/2018, 10:14 WIB
Burger karakter kartun Spiderman dan Winnie The Pooh di Doodle Burger, Yogyakarta, Kamis (1/3/2018).KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMA Burger karakter kartun Spiderman dan Winnie The Pooh di Doodle Burger, Yogyakarta, Kamis (1/3/2018).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Burger, makanan dengan kekhasan sayuran, daging dengan saus yang diapit oleh dua roti ini cukup berkembang di Indonesia. Banyak varian yang bisa ditemukan, salah satunya di Yogyakarta.

Berbeda dengan di tempat lainya, di Yogyakarta terdapat burger dengan karakter kartun. Inovasi yang unik dan menarik ini merupakan produk dari Doodle Burger.

"Awalnya buka Oktober 2015. Jadi kita ingin menyuguhkan burger kualitas premium tetapi harganya terjangkau," ujar Manager Doodle Burger, Ratih Indraini saat ditemui Kompas.com, Kamis (1/3/2018).

Menu Doodle Burger awalnya menyajikan burger original. Setelah itu, pemilik Doodle Burger mengembangkan inovasi dengan melahirkan burger warna-warni seperti pink hingga toska.

Baca juga : Wajib Coba, Burger dengan Cita Rasa ala Jepang

Sekitar enam bulan lalu, pemilik Doodle Burger kembali mempunyai ide inovasi baru lagi yang berbeda dengan lainya hingga munculah burger karakter kartun dan rainbow.

"Kalau roti burger warnanya kan seperti itu-itu saja. Ya biar menarik dan Instagram Mabel, selain itu burger karakter kartun kan juga belum ada," kata Ratih.

Baca juga : Mencicipi Burger Rasa Italia di McDonalds

Burger karakter kartun pada dasarnya sama dengan burger lainya. Hanya saja roti bun bagian atas yang biasanya hanya berwarna coklat dan di-topping wijen, dikreasi kembali menjadi lebih menarik dengan memberikan sentuhan gambar karakter kartun.

"Pemilihan karakter kartun juga dilihat dari tokoh yang sedang populer, atau yang banyak penggemarnya, setiap bulan kita mengeluarkan satu karakter tokoh kartun," katanya.

Baca juga : Bukan Burger Biasa

Menurut Ratih, karakter tokoh kartun yang ada di kafe Jalan Moses Gatotkaca B4-B6, Caturtunggal, Depok, Sleman, ini cukup banyak, antara lain Pikachu, Doraemon, Minion, Winnie The Pooh, dan Spiderman.

"Awal itu ada Pikachu, Doraemon, ada Minion lalu berkembang ke tokoh lainya. Yang Spiderman ini keluar bulan kemarin," katanya.

Diakuinya proses untuk membuat karakter tokoh di roti bun ini tidaklah mudah. Butuh ketelitian dan kecermatan untuk menghasilkan karakter yang sempurna.

Karakter tokoh yang ada di roti bun menghasilkan visual yang mengemaskan untuk dilihat. Bahkan seakan-akan pembeli merasa sayang untuk memakanya setelah melihat karakter kartun yang ada di roti bun.

"Susah sih, butuh ketelitian dan kecermatan. Kalau terlihat tidak sempurna ya tidak kita sajikan," kata Ratih.

Harga burger di kafe yang berada di Jalan Moses Gatotkaca B4-B6, Caturtunggal, Depok, Sleman, dapat dikatakan terjangkau. Pembeli dapat menikmati burger kualitas premium dengan harga antara Rp 17.000 hingga Rp 70.000.

"Itu harga originalnya, kalau yang pink sama toska itu nambah Rp 1.000 dari harga awalnya, rainbow tambah Rp 3.000. Pembeli yang menginginkan karakter tokoh kartun nambah Rp 10.000," ucapnya.

Burger warna menjadi salah satu andalan di Doodle Burger, Yogyakarta, Kamis (1/3/2018), selain burger karakter tokoh kartun. KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMA Burger warna menjadi salah satu andalan di Doodle Burger, Yogyakarta, Kamis (1/3/2018), selain burger karakter tokoh kartun.
Dia menjelaskan, sasaran dari Doodle Burger adalah anak-anak muda. Terlebih Kafe Doodle Burger tepat berada di antara kampus-kampus besar.

"Segmen kita mahasiswa, karena lokasinya kan di sini (di antara kampus-kampus). Kita buka dari jam 11.00 sampai 23.00. Sehari bisa habis 100 burger," urainya.

Tak hanya mahasiswa dan warga Yogyakarta, pembeli Doodle Burger juga datang dari luar kota. Mereka biasanya datang ketika sedang liburan di Yogyakarta.

"Kalau lagi liburan itu dari luar kota banyak yang datang ada juga Yang beli lalu dikirim ke Jakarta, Solo, Semarang. Mereka ada yang pesan seluruh karakter dan kalau dibungkus, kita siapkan dengan packing roti dan saus terpisah," kata Ratih.

Kafe Doodle Burger mempunyai kapasitas hingga 60 orang. Selain asyik untuk bersantai sambil menikmati burger, Kafe Doodle Burger juga bisa menjadi pilihan untuk merayakan ulang tahunan. "Kapasitas kita sekitar 60 an orang, beberapa kali juga dipesan untuk acara ulang tahun," ungkapnya.

Bahkan, Kafe Doodle Burger juga mendapat kunjungan dari anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) untuk cooking class. Karakter kartun yang ada di roti bun, menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk belajar cooking class.

"Ada juga kunjungan dari anak-anak TK, kita adakan cooking class untuk mereka. Karakter kartun ini kan menarik bagi mereka," katanya.

Soal rasa, burger di Doodle Burger tidak perlu diragukan. Roti bun di Doodle Burger terasa lebih lembut dan padat. Terlebih lagi, saus yang digunakan pun berbeda dengan tempat lainya. Sebab saus burger di Doodle Burger merupakan resep rahasia.

"Sausnya merupakan resep rahasia, jadi lebih spesial dan berbeda dengan lainya. Kita ada sendiri yang khusus memproduksi roti dan saus," pungkasnya.



Close Ads X