Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik! Doodle Burger Sajikan Burger dengan Karakter Tokoh Kartun

Kompas.com - 12/03/2018, 10:14 WIB
Wijaya Kusuma,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Burger, makanan dengan kekhasan sayuran, daging dengan saus yang diapit oleh dua roti ini cukup berkembang di Indonesia. Banyak varian yang bisa ditemukan, salah satunya di Yogyakarta.

Berbeda dengan di tempat lainya, di Yogyakarta terdapat burger dengan karakter kartun. Inovasi yang unik dan menarik ini merupakan produk dari Doodle Burger.

"Awalnya buka Oktober 2015. Jadi kita ingin menyuguhkan burger kualitas premium tetapi harganya terjangkau," ujar Manager Doodle Burger, Ratih Indraini saat ditemui Kompas.com, Kamis (1/3/2018).

Menu Doodle Burger awalnya menyajikan burger original. Setelah itu, pemilik Doodle Burger mengembangkan inovasi dengan melahirkan burger warna-warni seperti pink hingga toska.

Baca juga : Wajib Coba, Burger dengan Cita Rasa ala Jepang

Sekitar enam bulan lalu, pemilik Doodle Burger kembali mempunyai ide inovasi baru lagi yang berbeda dengan lainya hingga munculah burger karakter kartun dan rainbow.

"Kalau roti burger warnanya kan seperti itu-itu saja. Ya biar menarik dan Instagram Mabel, selain itu burger karakter kartun kan juga belum ada," kata Ratih.

Baca juga : Mencicipi Burger Rasa Italia di McDonalds

Burger karakter kartun pada dasarnya sama dengan burger lainya. Hanya saja roti bun bagian atas yang biasanya hanya berwarna coklat dan di-topping wijen, dikreasi kembali menjadi lebih menarik dengan memberikan sentuhan gambar karakter kartun.

"Pemilihan karakter kartun juga dilihat dari tokoh yang sedang populer, atau yang banyak penggemarnya, setiap bulan kita mengeluarkan satu karakter tokoh kartun," katanya.

Baca juga : Bukan Burger Biasa

Menurut Ratih, karakter tokoh kartun yang ada di kafe Jalan Moses Gatotkaca B4-B6, Caturtunggal, Depok, Sleman, ini cukup banyak, antara lain Pikachu, Doraemon, Minion, Winnie The Pooh, dan Spiderman.

"Awal itu ada Pikachu, Doraemon, ada Minion lalu berkembang ke tokoh lainya. Yang Spiderman ini keluar bulan kemarin," katanya.

Diakuinya proses untuk membuat karakter tokoh di roti bun ini tidaklah mudah. Butuh ketelitian dan kecermatan untuk menghasilkan karakter yang sempurna.

Karakter tokoh yang ada di roti bun menghasilkan visual yang mengemaskan untuk dilihat. Bahkan seakan-akan pembeli merasa sayang untuk memakanya setelah melihat karakter kartun yang ada di roti bun.

"Susah sih, butuh ketelitian dan kecermatan. Kalau terlihat tidak sempurna ya tidak kita sajikan," kata Ratih.

Harga burger di kafe yang berada di Jalan Moses Gatotkaca B4-B6, Caturtunggal, Depok, Sleman, dapat dikatakan terjangkau. Pembeli dapat menikmati burger kualitas premium dengan harga antara Rp 17.000 hingga Rp 70.000.

"Itu harga originalnya, kalau yang pink sama toska itu nambah Rp 1.000 dari harga awalnya, rainbow tambah Rp 3.000. Pembeli yang menginginkan karakter tokoh kartun nambah Rp 10.000," ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com