Maluku Sensasi Seribu Pulau Hadirkan 23 Event Pariwisata - Kompas.com

Maluku Sensasi Seribu Pulau Hadirkan 23 Event Pariwisata

Kompas.com - 13/03/2018, 14:26 WIB
Jembatan Merah Putih AmbonPusat Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jembatan Merah Putih Ambon

JAKARTA, KOMPAS.com – Calendar of Event (CoE) Provinsi Maluku 2018 resmi dilaunching oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Plt. Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dengan menghadirkan sebanyak 23 event. Event-event tersebut hadir bergantian selama satu tahun dengan tema “Maluku Sensasi Seribu Pulau” dan bisa disaksikan wisatawan yang berkunjung ke sana

“Maluku itu bedasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) adalah daerah dengan index kebahagiaan tertinggi di Indonesia. Dari 23 event yang diluncurkan ada dua yang termasuk dalam CoE nasional. Pertama Festival Teluk Ambon dan Pesta Rakyat Banda. Kedua event ini di-support penuh oleh Kemenpar,” ujar Arief dalam launching CoE Provinsi Maluku 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (12/3/2018).

“Banda merupakan destinasi unggulan untuk wisata kapal pesiar atau cruise ship dan Teluk Ambon menjadi destinasi favorit bagi para yachter dunia karena setiap tahun digelar rally yacht internasional Darwin-Ambon,” kata Arief.

Launching Calendar of Event (CoE) Provinsi Maluku 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (12/3/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Launching Calendar of Event (CoE) Provinsi Maluku 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (12/3/2018).

Event-event tersebut lanjut Arief, merupakan upaya untuk mempromosikan dan menarik kunjungan wisatawan ke Provinsi Maluku. Tahun 2018 sendiri ditargetkan kunjungan wisatawan mencapai 25.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan 150 ribu wisatawan nusantara (wisnus). Target tersebut pula nantinya akan mendukung target pariwisata nasional di tahun 2018 sebanyak 17 juta wisman dan 270 wisnus.

Sementara itu, Zeth pula menjelaskan di Maluku sendiri memiliki keragaman budaya dan adat istiadat, terlebih pada wisata bahari yang tersebar di 1.434 pulau. Lalu juga para wisatawan bisa melihat langsung bukti peradaban terutama rempah-rempah yang menjadi komoditas unggulan.

Adapun beberapa event di Maluku antara lain, Festival Teluk Ambon, Pesta Rakyat Banda, Festival Budaya Banda, Festival Musik Jalur Rempah, Hari Pattimura, Atraksi Pukul Sapu, dan masih banyak event lainnya.



Close Ads X