April 2018, Genting Dream Cruise Berlabuh di Jakarta dan Surabaya - Kompas.com

April 2018, Genting Dream Cruise Berlabuh di Jakarta dan Surabaya

Kompas.com - 13/03/2018, 17:21 WIB
Kapal Pesiar Genting Dream membuka rute baru dari Singapura menuju Surabaya dan Bali Utara pada Desember 2017. Istimewa/Instagram @DreamCruiseLine Kapal Pesiar Genting Dream membuka rute baru dari Singapura menuju Surabaya dan Bali Utara pada Desember 2017.

HONGKONG, KOMPAS.com - Kapal Pesiar Genting Dream Cruise akan berlabuh di Jakarta dan Surabaya pada April 2018. Rencananya, Genting Dream Cruise akan tiba di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (3/4/2018). Selanjutnya, kapal akan bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Genting Dream merupakan salah satu kapal pesiar yang dioperasikan oleh Dream Cruises, salah satu anak perusahaan operator kapal pesiar Genting Cruise Line.

Baca juga : Kini, Rapat dan Seminar Bisa Dilakukan di Kapal Pesiar

Senior Vice President International Sales Genting Cruise Lines, Michael Goh, menyatakan Indonesia meruapakan salah satu pasar besar bagi penyedia layanan kapal pesiar. Karena itu pihaknya memutuskan Genting Dream bersandar di dua kota besar tersebut.

"Respons (pasar) Indonesia terhadap Genting Dream luar biasa. Di perayaan Tahun Baru dan Natal jumlahnya lebih banyak lagi," ujar Goh saat ditemui di atas Kapal World Dream yang berlayar di perairan Hongkong, Sabtu (10/3/2018).

Suasana di Function 8, salah satu venue yang menjadi fasilitas MICE di kapal pesiar World Dream, Sabtu (10/3/2018).KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM Suasana di Function 8, salah satu venue yang menjadi fasilitas MICE di kapal pesiar World Dream, Sabtu (10/3/2018).
Ia menambahkan besarnya pangsa pasar kapal pesiar di Indonesia tak lepas dari perekonomian yang sedang tumbuh. Goh menilai Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan kelas menengah terbesar di dunia.

Baca juga : Liburan Mewah ala Perkotaan di Dalam Kapal Pesiar

Hal senada disampaikan oleh Presiden Dream Cruises, Thatcher Brown. Ia mengatakan masyarakat Indonesia sangat antusias saat ditawari untuk berwisata. Ia menambahkan, begitu mendapat penawaran paket wisata, biasanya masyarakat Indonesia langsung memutuskan untuk pergi.

"Waktu mereka memutuskan untuk pergi sangat cepat. Seolah baru ditawarkan dan mereka langsung menjawab, 'Oke, saya pergi'," kata Brown.

Baca juga : Kapal Pesiar World Dream Resmi Berlayar di Hongkong

Kehadiran Genting Dream di Jakarta merupakan bagian dari special cruise karena bukan rute reguler yang meliputi Singapura-Surabaya-Celukan Bawang (Bali Utara)-Singapura.

Situasi Kota Tua, Museum Fatahillah, Selasa (2/1/2018). Kondisi ini berbeda dengan Senin (1/1/2018) di mana tempat ini dipenuhi PKL menyambut wisatawan. Kota Tua diserbu wisatawan yang ingin menikmati libur tahun baru. Kompas/Setyo Adi Situasi Kota Tua, Museum Fatahillah, Selasa (2/1/2018). Kondisi ini berbeda dengan Senin (1/1/2018) di mana tempat ini dipenuhi PKL menyambut wisatawan. Kota Tua diserbu wisatawan yang ingin menikmati libur tahun baru.
Saat bersandar di Surabaya dan Jakarta, para wisatawan yang telah berada di atas Genting Dream juga bisa melakukan city tour selama sehari lalu kembali ke atas kapal untuk berangkat kembali.

Sementara itu, Sales Manager Genting Cruise Line Indonesia Hari Susanto mengatakan, respons wisatawan Indonesia sangat positif dengan merapatnya Genting Dream ke Jakarta dan Surabaya.

Hal itu mempermudah wisatawan Indonesia yang hendak menjajal pengalaman berpesiar dengan Genting Dream namun tak perlu pergi ke Singapura terlebih dahulu.

"Supaya penumpang Indonesia pun enggak perlu ke luar negeri. Beli flight tiket lagi. Mereka bisa coba kapalnya dari Indonesia," papar Hari.

Suasana kolam renang pada malam hari di Kapal Pesiar World Dream, Sabtu (10/3/2018).KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM Suasana kolam renang pada malam hari di Kapal Pesiar World Dream, Sabtu (10/3/2018).
Hari menambahkan, pihaknya sudah banyak mendapat pesanan dari Jakarta dan Surabaya. Rata-rata wisatawan Indonesia mengambil paket pelayaran 3 hari dua malam dengan rute Jakarta-Singapura. Ada pula yang mengambil paket 4 hari tiga malam dengan rute Surabaya-Singapura.

"Rata-rata (mereka ambil) 3 hari 2 malam. Sama (ada juga) 4 hari 3 malam. Tapi paling banyak 3 hari 2 malam," tambah Hari.



Close Ads X