5 Spot Instagramable di Singapore Botanical Garden - Kompas.com

5 Spot Instagramable di Singapore Botanical Garden

Kompas.com - 14/03/2018, 17:05 WIB
Singapore Botanic GardensDok. UNESCO Singapore Botanic Gardens

JAKARTA, KOMPAS.comKebun Raya Bogor (KRB) akan direvitalisasi dengan membuat taman tematik, menambah fasilitas bangku taman hingga pembuatan jalan setapak. Hal tersebut diungkapkan oleh Joko Ridho Witono, peneliti utama bidang botani Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) bahwa kebun raya di Indonesia masih tertinggal dengan negara tetangga dan akan mencoba mempersolek Kebun Raya Bogor.

"Dalam waktu dekat, tim manajemen akan merevitalisasi taman tematik bambu di dekat kantor Kebun Raya Bogor. Selama ini, kesannya tidak tertata dan banyak nyamuk," beberapa waktu lalu saat dihubungi Kompas.com.

Sementara itu, Presiden Jokowi pula sempat membandingkan KRB dengan kebun raya di Singapura yakni Singapore Botanic Gardens (SBG). Jokowi menyarankan agar ada taman tematik juga spot-spot kekinian yang bisa digunakan untuk berfoto.

Nah, penasaran ingin tahu seperti apa kebun raya di Singapura  yang berada di Bukit Timah, Singapura dengan luas sekitar 82 hektar? Berikut ini adalah spot-spot Instagramable yang ada di Singapore Botanic Gardens yang dihimpun KompasTravel.

National Orchid Garden, Singapore Botanic Gardens.Singapore Botanic Gardens National Orchid Garden, Singapore Botanic Gardens.
1. National Orchid Garden

Dari namanya saja pasti Anda sudah tau apa saja yang ada dalam taman ini. Ya Anda bisa melihat beragam tanaman anggrek di sini. Ada sekitar lebih dari 1.000 spesies dan 2.000 hibrida atau anggrek persilangan antara dua jenis yang tumbuh di sana.

Wisatawan pun bisa berfoto dengan keindahan anggrek di sana atau bisa pula anggrek sebagai obyek utama dalam foto Anda.

Taman ini dibuka mulai pukul 08.30 hingga 19.00 waktu Singapura. Wisatawan yang berkunjung ke taman tematik ini dikenakan biaya tiket sebesar 5 dollar Singapura atau sekitar Rp 50.000.

Rain forest di Singapore Botanic Gardens, Bukit Timah, Singapura.  Singapore Botanic Gardens Rain forest di Singapore Botanic Gardens, Bukit Timah, Singapura.

2. Rain Forest

Lalu juga terdapat hutan hujan tropis yang bisa Anda kunjungi. Terdapat 314 sepesies tanaman dan pepohonan tinggi yang bisa dijadikan spot instagramable.

Beberapa pohon memiliki ketinggian hingga 50 meter. Perlu diketahui, 50 persen dari spesies yang ada merupakan tanaman yang langka di Singapura.

Symphony Lake di Singapore Botanic Gardens, Bukit Timah, Singapura. Singapore Botanic Gardens Symphony Lake di Singapore Botanic Gardens, Bukit Timah, Singapura.

3. Palm Vally dan Symphony Lake

Di lokasi ini, wisatawan bisa melihat beragam koleksi pohon palem dengan beragam marga dan spesiesnya. Terdapat lebih dari 115 marga dan 220 spesies. Ada enam keluarga pohon palem di sana, yakni Arecoideae, Coryphoideae, Calamoideae, Ceroxyloideae, Phytelephantoideae dan  Nypoideae.

Wisatawan bisa abadikan dengan latar pohon palem, atau pun duduk santai di rumput hijau yang lapang untuk berfoto.

 

Trellis Garden di Singapore Botanic Gardens.Singapore Botanic Gardens Trellis Garden di Singapore Botanic Gardens.

4. Trellis Garden

Di taman ini, wisatawan bisa melihat bagaimana tanaman yang tumbuh merambat dibangunan yang telah dibuat seperti teralis atau kanopi. Bahkan terlihat menjadi lebih rindang ketika dedaunan yang tumbuh sudah begitu lebat.

Di sana terdapat beraga, dedaunan dan bunga yang unik yang berasal dari Amerika dan Singapura. Wisatawan pun bisa mendapatkan foto yang instagramable ketika berfoto di bawah teralis atau pun kanopi yang diselimuti dedaunan.


Clock Tower di Singapore Botanic Gardens.Singapore Botanic Gardens Clock Tower di Singapore Botanic Gardens.
5. Foto berlatar patung

Di SGB sendiri terdapat beragam patung yang unik. Anda pun bisa berfoto bersama atau berlatarkan patung tersebut, seperti patung berbentuk manusia, patung berbentuk binatang, hingga menara jam.

Komentar
Close Ads X