Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Resto Tempat Santap Kuliner Favorit Raja-raja Keraton

Kompas.com - 15/03/2018, 12:52 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Berwisata kuliner di Yogyakarta dan Solo, tak hanya dari ragam kuliner tradisional masyarakatnya. Anda bisa menelusuri ragam kuliner tradisional khas kerajaan dari kedua kota tersebut.

Tentu selain berwisata kuliner juga Anda bisa mempelajari berbagai sejarah kerajaannya yang menarik. Bahkan di beberapa tempatnya juga menyatu dengan lokasi kerajaan, ataupun museum-museum tempat barang bersejarah kerajaan.

Berbagai kuliner raja memang terkesan spesial dan eksklusif. Anda akan merasakan sentuhan tradisional Indonesia yang kaya rempah, hingga sentuhan eropa saat zaman kolonial.

Berikut KompasTravel rangkum tiga resto tempat menicipi hidangan-hidangan favorit raja-raja.

1. Bale Raos, Yogyakarta

Resto ini berada di sisi selatan Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jalan Magangan Kulon No.1, Desa Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta.

Bangunan resto ini menggunakan desain joglo khas Jawa, dibalut ukiran ala keraton di tiang-tiangnya. Wisatawan pun diiringi alunan gending jawa, sepanjang santap makan.

Resto ini berdiri tahun 2004, oleh kerabat Keraton Yogyakarta KPGH Hadiwinoto. Ia memiliki visi melestarikan kuliner Keraton Yogyakarta, agar tetap bisa dinikmati masyarakat.

Ada sekitar 70 hidangan tersedia di Bale Raos. Salah satu hidangan favoritnya bebek suwar-suwir dengan saus kedondong kesukaan Sultan Hamengku Buwono (HB ) IX, semur piyik, burung dara dengan rasa manis dan salad Huzaren asal Belanda kesukaan HB VIII.

Hidangan Favorit lain di situ adalah lombok kethok, yaitu daging sapi yang dimasak dengan cabai. Sedangkan minuman favorit, “Wedang secang dan bir Jawa. Keduanya dibuat dari bahan rempah-rempah.

Bangunan joglo khas budaya Jawa, di Restoran Bale Raos di kawasan Keraton Kasunanan Yogyakarta, Sabtu (12/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bangunan joglo khas budaya Jawa, di Restoran Bale Raos di kawasan Keraton Kasunanan Yogyakarta, Sabtu (12/3/2018).
2. Gadri Resto, Yogyakarta

Masih di lingkungan keraton, persisnya di Jalan Rotowijayan, ada pula rumah makan yang menyajikan menu favorit para sultan, yang telah dibuka sejak lebih dari 20 tahun silam. Namanya Gadri Resto, dikelola BRAy Hj. Nuraida, istri GBPH Joyokusumo, adik HB X.

Selain restoran, di sana juga berfungsi sebagai museum. Bangunan yang menyimpan banyak benda bersejarah Keraton ialah Ndalem Joyokusuman yang masih bagian dari Kesultanan Yogyakarta, dan dibangun tahun 1916.

Salah satu makanan favorit di situ adalah nasi blawong. Hidangan ini hampir mirip nasi kebuli, tapi tidak terlalu menyengat. Dihidangkan dengan ayam bacem, lombok kethok daging, telur pindang goreng, peyek teri, plus lalapan dan sambal.

Salah satu menu kegemaran Sri Sultan HB IX yang tersedia di Gadri adalah arseng, kolak pisang kepok matang yang dimasak tanpa gula jawa seperti lazimnya kolak lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com