Kompas.com - 15/03/2018, 13:45 WIB
Nelayan usai berlayar di tepi laut Bobanahena, Halmahera Barat, Jumat (17/5/2013). Bobanahena merupakan salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Festival Teluk Jailolo 2013. KOMPAS IMAGES / VITALIS YOGI TRISNANelayan usai berlayar di tepi laut Bobanahena, Halmahera Barat, Jumat (17/5/2013). Bobanahena merupakan salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Festival Teluk Jailolo 2013.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebut ada tiga dari 33 event pariwisata di Maluku Utara yang menjadi andalan nasional. Ketiganya masuk sebagai Top Calendar of Event Wonderfull Indonesia 2018.

"Tahun ini tiga dari ke 33 eventnya Maluku Utara masuk jadi top 100 Calendar of Event Nasional," ujar Arif Yahya saat sambutan di acara peluncuran Calendar of Event Maluku Utara, di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Tiga acara pariwisata unggulan nasional tersebut ialah Festival Teluk Jailolo, Festival Tidore, dan Festival Kora-kora. Menpar berharap ketiganya bisa jadi contoh dan parameter ke 30 event lainnya.

"Ketiga unggulan ini sudah dikurasi oleh para kurator, dilihat ketepatan waktunya, konsistensinya, juga cultural and comercial valuenya. Harus jadi contoh," ungkap Arief Yahya.

1. Festival Teluk Jailolo

Festival Jailolo di Halmahera Barat, Maluku Utara.BARRY KUSUMA Festival Jailolo di Halmahera Barat, Maluku Utara.
Festival Teluk Jailolo akan  berlangsung di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, kembali digelar pada tanggal 3-5 Mei 2018. Tahun ini, Festival Teluk Jailolo yang merupakan festival tahunan yang memasuki tahun ke-10.

Festival ini bisa dibilang paket lengkap, karena cukup banyak rangkaian acaranya, yang meliputi budaya hingga kuliner. Secara garis besar menjadi empat rangkaian acara besar, mulai Ritual Budaya, Atraksi Budaya, Gelar Seni Budaya Moloku Kie Raha dan acara puncak Sasadu On The Sea.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi wisatawan, tak hanya bisa menikmati suguhan berbagai penampilan hingga kuliner, tetapi juga bisa ikut serta di berbagai lomba. Mulai underwater competition, fun dive, fun bike, dan Ekspedisi Talaga Rano.

2. Festival Tidore

Festival Tidore 2017 di Kepulauan Tidore, Maluku Utara dimulai sejak 29 Maret 2017 hingga acara puncak pada 12 April 2017.ARSIP KEMENPAR Festival Tidore 2017 di Kepulauan Tidore, Maluku Utara dimulai sejak 29 Maret 2017 hingga acara puncak pada 12 April 2017.

Festival Tidore di Kota Tidore Kepulauan ini sekaligus merayakan hari hari jadi Kota Tidore. Tahun ini serangkaian acara dalam festival tersebut berlangsung mulai 23 Maret-12 April 2018.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.