Kompas.com - 15/03/2018, 21:25 WIB
Benteng Tolukko di Ternate, Maluku Utara. M GUNTUR BUDIAWANBenteng Tolukko di Ternate, Maluku Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com Berwisata ke "negeri rempah" Ternate, Anda akan menjumpai banyak bukti-bukti sejarah masa kejayaan Maluku Utara. Ratusan tahun yang lalu daerah ini diperebutkan berbagai bangsa Eropa.

Benteng-benteng pertahanan dan bangunan kerajaan seolah menjadi saksi bisu yang hingga kini memendam banyak bukti sejarah. Wisatawan pun bisa berkunjung untuk napak tilas masa kejayaan Ternate di sana.

Baca juga: 5 Wisata Alam Menakjubkan di Ternate, Maluku Utara

Dari banyaknya benteng dan bukti sejarah lain, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ternate merekomendasikan empat tempat yang wajib dikunjungi saat napak tilas sejarah ke sini.

Berikut KompasTravel rangkum empat tempat yang direkomendasikan saat peluncuran Calendar of Event Maluku Utara di Kamenterian Pariwisata, Selasa (13/3/2018).

1. Benteng Kalamata

Benteng Kalamata merupakan benteng yang dibangun Portugis tahun 1540. Berada di Kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan, sehingga benteng ini kerap disebut Benteng Kayu Merah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Benteng ini terkenal di Eropa, karena sempat diduduki berbagai negara saat pelayarannya. Mulai dari Portugis yang membangunnya pada 1540, lalu dipugar Gubernur Jendral Belanda Pieter Both pada 1609, lalu diduduki Spanyol pada 1625.

Benteng Kalamata didesain menyerupai empat penjuru mata angin, dengan empat bastion berujung runcing dan memiliki lubang bidik senjata. Benteng ini berada di bibir pantai, dan terlihat dari Pulau Tidore juga Pulau Maitara.

2. Kedaton Kesultanan Ternate

Bukti kerajaan terbesar di Ternate ini hingga kini masih aktif berfungsi sebagai rumah kerajaan Sultan Ternate. Padahal dibangun sudah sejak 1813 oleh Sultan Muhammad Ali, dengan luas 1.500 meter persegi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.