Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Wisata Warna-warni di Indonesia, Sudah ke Sana?

Kompas.com - 18/03/2018, 08:10 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren wisata warna-warni rupanya semakin marak di Indonesia. Ada banyak kampung yang berhias dengan cat warna cerah di tembok, atap, sampai jalanan. Kini bukan lagi kampung, batu-batu di sungai juga dicat warna-warni agar menarik wisatawan.

Baca juga : Cantiknya 4 Kampung Warna-warni di Indonesia

 

Berikut beberapa lokasi wisata dengan tema warna-warni di Indonesia:

1. Kampung Tridi, Malang, Jawa Timur

Kampung yang juga terkenal dengan nama Kampung Wisata Jodipan ini menjadi populer setelah warna-warni cerah sering diabadikan di Instagram. Ide awal kampung ini digagas oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, menggandeng CSR perusahaan cat tahun 2016.

Ada ratusan rumah di sebelah Utara Sungai Brantas yang diwarnai dengan cat warna cerah. Selain itu juga terdapat banyak mural tiga dimensi dan satu jembatan kaca gantung.

2. Kampung Code, Yogyakarta

Kampung Code dahulu terkenal sebagai pemukiman kumuh di Yogyakarta. Tahun 1980-an, Romo YB Manguwijaya, arsitek sekaligus pemuka agama Katolik bersama mahasiswa menata kawasan tersebut agar mengikuti kontur alam.

Pada 2015 rumah dan atap Kampung Code dicat warna-warni agar menyerupai pemukiman atau favela di Rio de Janeiro. Sama-sama memiliki kontur berbukit dan berwarna-warni.

Kampung warna-warni, Desa Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.KOMPAS.com/Ramdhan Triyadi Bempah Kampung warna-warni, Desa Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

3. Kampung Warna-warni Bogor, Jawa Barat

Kampung warna-warni di Bogor ini terletak di Kelurahan Katulampa. Pemuda kampung menjalankan ide mengecat rumah dan membuat gambar lanskap Kota Bogor di dinding rumah lima RT (Rukun Tetangga).

Warga setempat juga menyulap ruang terbuka menjadi arena lokasi permainan tradisional dan perpustakaan. Juga terdapat operator river tubing, menggunakan ban bekas untuk menyusuri Kali Katulampa di kampung ini.

4. Kalilo, Banyuwangi, Jawa Timur

Rumah-rumah di bantaran Sungai Kalilo, Banyuwangi, dicat aneka warna agar menarik wisatawan. Program Banyuwangi Berwarna ini akhirnya berhasil. Masyarakat, mahasiswa, dan pemerintah kabupaten bergotong royong mengubah wajah pemukiman kumuh menjadi lokasi yang cocok untuk berwisata.

Warga saat berfoto di atas lukisan tiga dimensi di Jalan Danau Tondano Raya, Depok, Rabu (25/10/2017).Kompas.com/Akhdi Martin Pratama Warga saat berfoto di atas lukisan tiga dimensi di Jalan Danau Tondano Raya, Depok, Rabu (25/10/2017).

5. Kampung Tiga Dimensi Depok, Jawa Barat

Akhir tahun 2017, Jalan Danau Tondano Raya di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat menjadi ramai setelah banyaknya gambar tiga dimensi di jalan aspal. Karya seni tersebut dibuat oleh Karang Taruna setempat, terdorong oleh banyaknya kendaraan yang suka ngebut di jalan.

6. Sungai Cikao, Purwakarta, Jawa Barat

Awal 2018, Sungai Cikao di Purwakarta, Jawa Barat menarik perhatian dengan batu-batu besar yang diwarnai cerah. Uniknya lokasi yang diberi nama Batu Pelangi ini muncul setelah banyaknya vandalisme di bebatuan besar. Kini banyak wisatawan yang sengaja datang untuk berfoto dengan latar batu warna-warni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com