Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Kreatif, Pulo Geulis Bogor Punya Bekal Jadi Destinasi Wisata Unik

Kompas.com - 19/03/2018, 07:41 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf mengatakan Pulo Geulis, Bogor memiliki banyak bekal jadi destinasi wisata yang unik.

"Sejarahnya hebat, pluralismenya kuat, kuliner ada, komunitas banyak di Bogor, presiden juga di sini, banyak sekali bekalnya ini untuk jadi destinasi menarik," ujarnya sembari membuka. kegiatan mural massal untuk menghias kampung di Pulo Geulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018).

Baca juga : Puluhan Seniman Melukis Pulau Bersejarah di Bogor

Menurut Triawan, Pulo Geulis tinggal dikemas dengan kreativitas bisa menjadi atraksi wisata menarik. Partner dan komunitas kreatifnya pun tersedia di Bogor, sehingga bisa saling mendukung secara dinamis.

Pulo Geulis memang memiliki banyak keunikan, mulai dari geografis pulaunya yang ciri khas di Bogor. Desa yang terletak di Kecamatan Babakan Pasar, Bogor Tengah ini merupakan sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah aliran Sungai Ciliwung.

Puluhan seniman sedang membuat mural untuk memperindah destinasi wisata Pulo Geulis, jadi Wisata Mural Pulo Geulis, Bogor, Minggu (18/3/2018). Ragam mural yang dibuat, menceritakan sejarah, budaya, hingga kuliner di sekitar destinasi ini.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Puluhan seniman sedang membuat mural untuk memperindah destinasi wisata Pulo Geulis, jadi Wisata Mural Pulo Geulis, Bogor, Minggu (18/3/2018). Ragam mural yang dibuat, menceritakan sejarah, budaya, hingga kuliner di sekitar destinasi ini.
Selain itu merupakan salah satu peradaban tua di Bogor atau Kerajaan Pajajaran dahulunya. kelenteng tertua di Bogor pun ada di sana.

Baca juga : Geulis, Pulau Toleransi di Tengah Kota Bogor

Dekat pulau ini juga terdapat banyak titik-titik kuliner khas Bogor yang unik, seperti cungkring dan bir kotjok.

"Akan cukup mudah mengembangkan kawasan seperti ini sebenarnya. Bekalnya sudah banyak, support dari partner ada, tinggal perlu konten kreatif untuk jadi salah satu penunjang wisata," kata Triawan Munaf di tengah masyarakat Pulo Geulis.

Baca juga : Wisata Pluralisme di Pulo Geulis Bogor

Namun, dirinya tak memungkiri terkait fasilitas umum, kebersihan, akses yang baik, juga keramahan masyarakatnya sangat menentukan.

Puluhan seniman bersama warga, sedang membuat mural untuk memperindah destinasi wisata Pulo Geulis, jadi Wisata Mural Pulo Geulis, Bogor, Minggu (18/3/2018). Ragam mural yang dibuat, menceritakan sejarah, budaya, hingga kuliner di sekitar destinasi ini.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Puluhan seniman bersama warga, sedang membuat mural untuk memperindah destinasi wisata Pulo Geulis, jadi Wisata Mural Pulo Geulis, Bogor, Minggu (18/3/2018). Ragam mural yang dibuat, menceritakan sejarah, budaya, hingga kuliner di sekitar destinasi ini.
Ia menyarankan dinas terkait mendatangkan konsultan juga akademisi untuk mengembangkan story telling lokal Pulo Geulis menjadi karya yang bisa menunjang destinasi tersebut.

"Kalau perlu kita undang konsultan dan akademisi untuk mengembangkan story telling di sini menjadi karya, dan jadi destinasi yang atkraktif, itu sangat bagus. Kami dari Bekraf siap mendukung kegiatan-kegiatan kreatifnya," katanya.

Setelah membuka kegiatan mural puluhan seniman yang mempercantik destinasi wisata tersebut, Triawan mengatakan akan melaporkannya pada Presiden Jokowi. Selain karena potensi ini dekat dengan Istana Bogor yang jadi tempat tinggal presiden, juga karena nilai potensinya yang unik.

Kunjungan Ketua Bekraf, Triawan Munaf ke Pulo Geulis, Bogor, dalam acara memperindah destinasi wisata tersebut jadi Wisata Mural Pulo Geulis, Bogor, Minggu (18/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kunjungan Ketua Bekraf, Triawan Munaf ke Pulo Geulis, Bogor, dalam acara memperindah destinasi wisata tersebut jadi Wisata Mural Pulo Geulis, Bogor, Minggu (18/3/2018).
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Shahlan Rasjidi dalam kesempatan yang sama mengatakan, Pulo Geulis memang jadi salah satu prioritas pengembangan wisata di Kota Bogor. Khususnya pengembangan kampung-kampung tematik, bagi kunjungan wisatawan.

"Pulo ini akan dikembangkan, karena memang keunggulannya unik, alamnya ada, budaya ada, sejarahnya kuat," kata Shahlan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com