Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Bali Tak Masuk Deretan Pantai Terbaik...

Kompas.com - 21/03/2018, 17:28 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak aneh lagi jika Bali kerap masuk jadi destinasi terbaik di Asia bahkan dunia. Tahun 2017, situs wisata TripAdvisor bahkan menobatkan Bali sebagai Top Destination dunia.

Saat itu Bali menduduki peringkat pertama dari 25 destinasi terbaik di dunia, lewat program Travelers' Choice Awards 2017. Bali mengalahkan destinasi-destinasi di Eropa, Amerika, sampai Timur Tengah.

Lewat program yang sama, Bali juga menjadi pulau terbaik se-Asia pada 2016.

Baca juga : Pantai Nyang Nyang di Bali Masuk dalam Daftar Pantai Terbaik Dunia

Namun pada 2018, prestasi Bali menurun. Bali bahkan tidak masuk dalam 25 pantai terbaik dunia versi Travelers' Choice Awards 2018. Dikutip dari situs TripAdvisor, Selasa (21/3/2018), Bali turun ke posisi keempat dalam Top Destination dunia.

Satu-satunya perwakilan Indonesia tersebut ada di bawah Paris, London, dan Roma. Bali masih mengungguli Crete di Yunani yang ada di posisi lima.

Wisatawan mancanegara tiba dengan kapal cepat di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa (3/10/2017). Status Gunung Agung yang mengalami peningkatan dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas) tak berdampak signifikan terhadap kunjungan sejumlah destinasi wisata di Bali yang tetap ramai pengunjung.AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKA Wisatawan mancanegara tiba dengan kapal cepat di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa (3/10/2017). Status Gunung Agung yang mengalami peningkatan dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas) tak berdampak signifikan terhadap kunjungan sejumlah destinasi wisata di Bali yang tetap ramai pengunjung.

Tiap destinasi yang masuk peringkat telah dilengkapi ulasan lengkap dari wisatawan. Turis juga umumnya memberikan tips agar bisa memaksimalkan liburan di destinasi yang mereka suka.

Baca juga : 25 Pantai Terbaik Dunia Versi TripAdvisor 2018, Masih Adakah Bali?

Setiap tahun jutaan wisatawan membuat ulasan pada situs TripAdvisor, dan merunut berbagai tempat wisata termasuk pantai. Hasil ulasan tersebutlah yang dijadikan acuan analisis TripAdvisor.

Predikat pantai terbaik di dunia tahun 2018 ini jatuh ke Grace Bay yang terletak di Kepulauan Turks and Caicos. Lalu urutan kedua adalah Varadero Beach di Kuba. Keempat ada Eagle Beach di Aruba, dan terakhir Seven Mile Beach di Grand Cayman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com