Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Kursi Bus Paling Mewah, Adopsi dari Business Class Pesawat

Kompas.com - 22/03/2018, 19:25 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagaimana jika kenyamanan bangku di business class pesawat dipindahkan ke dalam bus? Beginilah wujudnya, kursi bus yang diklaim termewah rakitan Indonesia untuk saat ini.

"Kursi ini memang diadopsi dari kursi business class-nya pesawat Garuda, lalu kita up lagi menyesuaikan dengan bus," ujar Panca selaku Head Marketing Baze di JIExpo Jakarta, Selasa (22/3/2018). Baze adalah nama perusahaan yang mengeluarkan kursi ala pesawat kelas bisnis ini.

Kursi yang dinamakan Aeros Yudhistira ini memiliki banyak fitur yang memberikan kenyamanan. Antara lain sandaran punggung, kaki, dan kepala yang bisa disesuaikan otomatis.

Untuk multimedia pun sudah dilengkapi TV android dan slot USB untuk charger ponsel.

Kursi bus dari Baze, yang diklaim tercanggih rakitan Indonesia untuk saat ini, sedang dipamerkan dalam INAPA 2018, di JIExpo Kemayoran, Kamis (22/3/2018). Baze Industry Kursi bus dari Baze, yang diklaim tercanggih rakitan Indonesia untuk saat ini, sedang dipamerkan dalam INAPA 2018, di JIExpo Kemayoran, Kamis (22/3/2018).

Selain itu meja makan, tempat minum, loker kompartemen juga tersedia. Salah satu yang menjadi unggulan kursi ini ialah dilengkapi fitur pijat otomatis yang bisa diatur kekuatannya.

"Sehingga penumpang juga relax berjam-jam naik bus," ungkap Panca.

Bahan baku kursi ini terdiri dari plastik fiber untuk rangka terluar, dikombinasikan dengan akrilik bercorak kayu. Untuk bahan kulitnya, kursi ini mengaplikasi kulit domba dan sintetis, sesuai pesanan.

"Beberapa bahan dan teknologinya combine dari Belgia, Jerman, dan Jepang. D kita ditambahin, terus dirakit lagi," pungkas Panca.

Kursi bus dari Baze, yang diklaim tercanggih rakitan Indonesia untuk saat ini, sedang dipamerkan dalam INAPA 2018, di JIExpo Kemayoran, Kamis (22/3/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kursi bus dari Baze, yang diklaim tercanggih rakitan Indonesia untuk saat ini, sedang dipamerkan dalam INAPA 2018, di JIExpo Kemayoran, Kamis (22/3/2018).

Ia menambahkan kursi jenis Aeros Yudhistira ini telah digunakan untuk banyak bus VVIP di pulau Jawa, Makassar, dan Bali. Mayoritas peruntukannya untuk bus pribadi kantor maupun organisasi tertentu.

Selain itu, Panca menjelaskan tour travel pun sudah ada yang menggunakan kursi ini pada bus mereka. seperti White Horse, Pegasus, dan Blue Bird. Hanya lazimnya mereka sewakan untuk perusahaan atau organisasi tertentu.

Dalam satu bus besar, hanya bisa diisi 11 kursi Aeros Yudhistira ini. Tetapi bisa juga dikombinasi dengan model kursi lainnya. Semisal kursi ini hanya untuk petinggi perusahaan yang duduk di bagian depan.

Penasaran dengan harga kursinya? Satu buah kursi bus paling mewah saat ini dijual Rp 34,6 juta. Namun, khusus pameran INAPA 2018 di JIExpo 22-25 Maret 2018, diskon 20 persen menjadi Rp 27 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com