Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Turis Pose Injak Tengkorak, Ini Kata Pemda Toraja Utara

Kompas.com - 23/03/2018, 06:10 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

fakta

fakta!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini benar.

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini telah viral foto pengunjung yang masih remaja, berfoto di makam leluhur dengan berpose meletakan kaki di atas tengkorak. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara, Harli Patriatno menyayangkan hal tersebut.

“Betul kemarin kita sudah melihat terlebih dahulu isi dari foto atau video tersebut. Pada intinya kami menyayangkan karena bagaimanapun itu adalah tulang-belulang leluhur kita yang harus dihormati,” ujar Harli kepada KompasTravel, Kamis (22/3/2018).

Dia melanjutkan, lokasinya sendiri belum dapat dipastikan, pemakaman leluhur mana yang digunakan sebagai tempat foto. Akan tetapi, Harli mengatakan kemungkinan besar pemuda tersebut berfoto di wilayah Toraja Utara.

“Kita akan verifikasi lagi nanti, karena belum jelas lokasi (foto) itu di mana. Kemungkinan besar di Toraja Utara, tetapi belum tahu pasti tepatnya di mana karena harus dilakukan verifikasi terlebih dahulu,” kata dia.

Baca juga : Lolai, Magnet Baru Wisata Toraja

Pengunjung yang datang ke obyek-obyek wisata yang ada di Toraja Utara, kata Harli, punya kode etik yang harus dipatuhi. Aturan tersebut disampaikan oleh pemandu atau pengelola wisata.

Kendati demikian, Harli mengaku peristiwa ini baru pertama kali terjadi. Sehingga untuk menghindari akan terjadi hal serupa, Pemerintah Daerah (Pemda) Toraja Utara akan bekerja sama dengan pengelola obyek wisata setempat.

“Kami melihat bahwa ada hal yang harus kami lakukan, kami menyayangkan dan akan menambah peringatan. Seperti menambah informasi soal larangan untuk menyentuh atau harus menghormati sisa bagian tubuh para leluhur,” jelas Harli.

Foto yang telah viral tersebut menggambarkan dua remaja. Remaja perempuan mengangkat tulang tengkorak, sementara remaja pria berpose mengangkat kaki dan meletakkannya tak jauh dari tulang tengkorak. Selain itu, foto lainnya menggambarkan remaja perempuan mengambil tulang dan berpose seperti bermain gitar.

Harli menghimbau agar para pengunjung dan wisatawan, terutama yang mendatangi situs makam, untuk berperilaku sopan dan menghormati para leluhur dengan mengikuti aturan yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com