Kompas.com - 23/03/2018, 11:42 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com – Keheningan di puncak tertinggi Pegunungan Menoreh di Dusun Keceme, Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta ini menenangkan hati.

Panorama dari ketinggian bernama Puncak Suroloyo ini membangkitkan kekaguman pada Ilahi akan keindahan bumi.

Tempat ini sudah terkenal sejak lama. Selain karena panorama, tempat ini jadi lokasi orang terdahulu mencari ketenangan batin. Tradisi Keraton Yogyakarta di Suroloyo sejak zaman leluhur di puncak ini, membuat Suroloyo makin diminati.

Salah satu tradisinya adalah Jamasan Pusaka atau mencuci pusaka dalam rangka menyambut bulan Muharram atau istilah Jawa, 1 Suro. Semasa jemasan Suroloyo akan penuh sesak manusia mencari berkah.

Gardu pandang di Puncak Suroloyo di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, ini jadi tempat wisatawan menyaksikan pemandangan 4 penjuru Yogyakarta. KOMPAS.com/DANI J Gardu pandang di Puncak Suroloyo di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, ini jadi tempat wisatawan menyaksikan pemandangan 4 penjuru Yogyakarta.
Berlatar itulah Puncak Suroloyo berkembang jadi salah satu destinasi wisata andalan Kulon Progo. Wisatawan bisa menikmati panorama dari tiga gardu pandang yang masing-masing berdiri di tiap gundukan bukit dengan nama sendiri-sendiri.

Selain Puncak Suroloyo, kemudian Puncak Sariloyo, dan Puncak Kaedran. Semuanya terhubung dengan jalan aspal maupun tangga semenisasi.

Terdapat patung Punakawan dan ukiran pewayangan pada pelataran parkir seolah menyambut kedatangan wisatawan. Tokoh-tokoh pewayangan itu mengentalkan suasana sakral.

Keluarga keraton kerap ke sana. Para pemimpin negeri, kepala daerah dari berbagai tempat, juga sering datang ke puncak ini. Konon, mereka mencari ketenangan batin. Windarno, 33 tahun, warga setempat bersaksi, setidaknya Megawati dan SBY pernah ke sana.

Tangga lebih dari 200 anak tangga merupakan tantangan terberat sebelum mencapai gardu pandang di Puncak Suroloyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta.KOMPAS.com/DANI J Tangga lebih dari 200 anak tangga merupakan tantangan terberat sebelum mencapai gardu pandang di Puncak Suroloyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta.
“Puncak Suroloyo itu adalah kenangan napak tilas Sultan Agung Hanyakrakusuma. Ia semedi di Puncak Suroloyo itu. Pejabat lain, bahkan pemimpin negeri ini seperti Soekarno, Soeharto, Megawati, dan SBY, pernah ke sini. Apalagi saat mau pemilu, tentu ramai,” kata Windarno.

Itulah mengapa, sebenarnya puncak Suroloyo ini dianggap lebih cocok sebagai destinasi wisata religi. “Sebenarnya selain wisata sejarah, di sini lebih pada wisata religi,” kata Windarno.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.