Kompas.com - 24/03/2018, 11:24 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Rencana pembukaan rute penerbangan Kupang-Dili-Darwin untuk membangun konektivitas antar-daerah secara nasional dan internasional masih dalam pembahasan.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya mengatakan, rencana pembukaan rute penerbangan itu, menjadi tujuan Pemerintah Provinsi NTT untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi.

"Kita mengharapkan dengan dibukanya rute penerbangan akan dapat memajukan perekonomian di tiga kawasan itu. Namun, diperlukan penambahan dan pembukaan slot time, terlebih pada urusan perizinan di Dili," kata Frans, di sela-sela pembukaan Travel Fair Garuda Indonesia, di Lippo Plaza, Kupang, Jumat (23/3/2018).

Baca juga : Mimpi Fernando da Silva, Pariwisata Timor Leste seperti Bali

Slot time penerbangan nasional berperan untuk mengatur lalu lintas dan pergerakan pesawat di bandar udara agar terhindar dari tabrakan antarpesawat atau dengan benda lain.

Kewenangan penetapan slot time dikelola oleh tim pengelola slot time penerbangan nasional yang disebut Airport Slot Time Management (ASM).

Baca juga : Meriah! Ratusan Pasangan Asal NTT dan Timor Leste Ikut Lomba Dansa

Menurut Frans, terkait slot penerbangan, perlu membicarakan dengan pemerintah Republic Demokratic Timor Leste (RDTL) dan pihak otoritas penerbangan di Denpasar.

"Penerbangan Kupang-Dili dan Kupang-Darwin tidak perlu setiap hari.  Nanti kita lihat perkembangan pasar. Juga kita lihat apakah ada penambahan atau pengurangan slot. Hal ini membutuhkan campur tangan Kementerian Perhubungan RI di Jakarta," ujarnya.

Penerbangan perdana Citilink rute Jakarta-Denpasar-Dili, Jumat (12/5/2017).  Acara adat menyambut kedatangan Citilink di Bandara Presidente Nicolau Lobato, Dili.  KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Penerbangan perdana Citilink rute Jakarta-Denpasar-Dili, Jumat (12/5/2017). Acara adat menyambut kedatangan Citilink di Bandara Presidente Nicolau Lobato, Dili.
Direktur Teknik Garuda Indonesia, I Wayan Susena, dalam penjelasannya soal rencana Garuda Indonesia membuka rute penerbangan Kupang-Dili dan Kupang-Darwin, mengatakan pihaknya perlu melakukan evaluasi terutama menyangkut perizinan slot time dan respon pasar.

Bahkan, menurut Wayan, setiap pembukaan rute penerbangan menjadi langkah positif dalam membangun konektivitas untuk menghubungkan seluruh nusantara.

"Sudah pasti kami juga akan mengevaluasi apakah pembukaan rute penerbangan baru berkaitan dengan peluang pasar. Kami juga akan menentukan apakah nantinya rute penerbangan Garuda Indonesia ke Dili lewat Kupang atau tidak. Hal ini butuh evaluasi dari unit yang melayani pembukaan rute penerbangan," tambah Wayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.