Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Museum Geologi Hadir di Jakarta

Kompas.com - 27/03/2018, 08:12 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa koleksi Museum Geologi Bandung diboyong ke Jakarta dan dipamerkan dalam acara Festival & Pameran Geosains. Acara ini diselenggarakan oleh Forum Geosaintis Muda Indonesia (FGMI) bertempat di Jakarta Creative Hub pada 26-31 Maret 2018.

"Sebenarnya ini dalam rangka ulang tahun FGMI keenam, kita mencoba membuat yang dapat dirasakan oleh orang banyak supaya orang-orang bisa datang dan belajar mengenai ilmu kebumian," kata Ketua Acara Festival & Pameran Geosains, Reza Permadi ditemui di Jakarta Creative Hub, Senin (26/3/2018).

Baca juga : Museum Geologi, Wisata Edukasi Unggulan di Kota Bandung

Ada tujuh koleksi Museum Geologi yang dipamerkan dalam acara ini. Diantaranya fosil gajah dari Blora, tengkorak manusia purba Homo erectus, meteorit besi dari Namibia, kristal ametis dari Brasil, dan amonit dalam batu gamping.

Koleksi Museum Geologi di Festival & Pameran Geosains.Kompas.com/Silvita Agmasari Koleksi Museum Geologi di Festival & Pameran Geosains.
Ada juga 18 sketsa geologi yang dibuat pleh Dr Budi Brahmantyo MSc. Beserta enam foto geologi. Selain pameran, Festival & Pameran Geosains juga menyelenggarakan seminar mengenai langkah strategis dan kreatif menghadapi gempa bumi di Jakarta, talk show 'Geosaintis Jaman Now', dan talk show menulis lirik bumi oleh Ir Parpar Priatna.

"Dari acara ini kita ingin masyarakat paham ilmu kebumian, karena jika kita ke beberapa tempat wisata ada banyak vandalisme terjadi. Padahal mereka tidak tahu batu itu umurnya jutaan tahun lalu dan harusnya dikonservasi," jelas Reza.

Festival & Pameran Geosains hadir di Jakarta Creative Hub yang beralamat di Jalan Kb. Melati 5 Nomor 20, Jakarta Pusat. Berlangsung dari 26-31 Maret, pukul 10.00-17.00 WIB. Tidak dipungut biaya alias gratis untuk melihat pameran ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com