Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Menikmati "Gyukatsu" Kekinian di Sapporo Jepang

Kompas.com - 27/Mar/2018, 12:03 WIB
Restoran Fushimi
Lihat Foto
Restoran Fushimi

KOMPAS.com - Gyukatsu atau daging sapi yang dibalut dengan tepung roti dan digoreng kering akhir-akhir ini menjadi kuliner yang diburu oleh wisatawan. Di Sapporo, Hokkaido, juga mulai banyak restoran gyukatsu yang mulai terkenal. Salah satunya seperti di bawah ini.

Gyukatsu menonjolkan daging sapi berwarna kemerahan di bagian tengahnya. Bagi mereka yang tidak menyukai tingkat kematangan seperti ini, dapat mengunjungi restoran gyukatsu “Fushimi”. Tidak hanya dinikmati begitu saja, restoran ini menawarkan cara makan yang berbeda.

Restoran Fushimi mempunyai dua wajah. Pada siang hari mereka menyajikan menu gyukatsu, sementara malam harinya berubah menjadi bar.

Menggunakan daging sapi ternakan Hokkaido, daging berbalut tepung ini terlebih dahulu digoreng selama 60 detik. Setelah itu, pengunjung dapat memanggang daging di atas “teppan” atau meja khusus hingga tingkat kematangan yang disukai. Inilah keunikannya.

Dengan kata lain, di restoran ini setiap pengunjung dapat menikmati tiga menu sekaligus dalam satu masakan yaitu gyukatsu, yakiniku, dan steak.

Gyukatsu Gozen Dousan Gyuhire Ichimai Mori
Gyukatsu Gozen Dousan Gyuhire Ichimai Mori
Menu terpopuler di Fushimi adalah “Gyukatsu Gozen Dousan Gyuhire Ichimai Mori” seharga 1.800 yen. Daging fillet sapi yang digoreng tepung dan disajikan dengan warna merah muda yang menyegarkan ini langsung mencuri perhatian mata.

Cara menikmatinya sebagai berikut. Pertama, rasakan dulu dagingnya tanpa memberikan cocolan apa pun. Anda dapat menikmati rasa asli dari daging bertekstur lembut yang dipadukan dengan garingnya tepung.

Daging di atas teppan
Daging di atas teppan
Setelah itu, letakkan di atas teppan atau panggangan baja kecil yang disediakan khusus untuk satu orang. Panggang sekitar 10 detik setiap sisinya, karena untuk mendapatkan rasa terbaik hanya dibutuhkan sedikit pemanggangan.

Untuk cara makan ini, Anda dapat menikmatinya dengan mencocolkan kecap asin shoyu buatan mereka, wasabi, atau garam Himalaya sesuai dengan selera.

Gyukatsu Gozen Dousan Gyu-rosu Ichimai Mori
Gyukatsu Gozen Dousan Gyu-rosu Ichimai Mori
Menu populer lainnya adalah “Gyukatsu Gozen Dousan Gyu-rosu Ichimai Mori” seharga 1.400 yen. Daging yang digunakan adalah sirloin yang lezat.

Cocolan akar umbi yang diparut dan memiliki tekstur kenyal, serta nasi gandum menjadikan menu ini perpaduan terbaik dari gyukatsu ini.

Restoran ini memberikan sedikit ekstra usaha agar para pengunjungnya dapat menikmati gyukatsu dengan berbagai cara. Misalnya dengan memanggang di atas teppan, akan ada harum yang khas serta meningkatkan kelembutan daging. Selain itu, menikmatinya selagi panas juga sensasi yang menyenangkan tentunya.

Gyukatsu bertepung tipis dan lemak yang sedikit ini pun katanya populer di kalangan perempuan.

Fushimi
Fushimi
Informasi tempat:
Alamat : Sapporo-shi, Chuo-ku, Minami 1 Jonishi, 2 Chome−5 Minami Ichijo K Building
Akses : 4 menit jalan kaki dari stasiun Odori
Buka :11.30-15.00 (LO14.30)
Sabtu, Minggu, Hari libur sampai dengan 16.00 (LO 15.30)
Libur : tidak ada

Provided by Walkerplus, Hokkaido Walker™ (18 Desember 2017)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.