Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Angkut Wisatawan Mancanegara Ke Sabang

Kompas.com - 27/03/2018, 21:19 WIB
Raja Umar,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

SABANG, KOMPAS.com - Kapal Pesiar wisata MS Seabourn Encore berbendera Bahamas/Nasau yang mengangkut 552 wisatawan mancanegara dan 423 kru kapal kembali bersandar ke Teluk Sabang di Dermaga Container Terminal (CT) 3. Dermaga tersebut berada di Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Kota Sabang.

“Tadi sekitar pukul 07.00 WIB MS. Seabourn Encore bersandar dengan mangangkut ratusan wisatawan mancanegara,” kata Kepala BPKS, Said Fadhil kepada wartawan, Selasa (27/03/18).

Kapal pesiar wisata MS Seabourn Encore yang dinahkodai oleh Capten Bathgate David disambut dengan acara seremonial welcoming dance dan traditional perfromance sebagai bentuk memuliakan pelancong mancanegara yang berkunjung ke kawasan destinasi wisata bahari dunia.

“Jadi untuk menyambut wisatawan asing kita sambut dengan acara seremonial, tarian tradisional, bazar suvenir dan kuliner khas Aceh sehingga pelancong asing yang singgah ke Sabang akan membawa kesan dan kembali lagi,” kata Said Fadhil.

Baca juga : Kapal Layar Bima Suci dan Dewa Ruci Ramaikan Sail Sabang 2017

Kedatangan Kapal pesiar wisata MS Seabourn Encore yang dapat menampung lebih dari seribu pelancong dengan fasilitas cukup mewah layaknya hotel berbintang enam itu dianggap Fadil sebagai salah bentuk penghargaan. Sabang mulai dilirik dunia sebagai salah satu wilayah tujuan wisata dunia.

“Tahun sebelumnya juga sudah pernah beberapa kali kapal pesiar lain singgah di Sabang, artinya Sabang sudah mulai dilirik dunia sebagai tujuan wisata. Kemudian masyarakatnya juga menyambut kedangan mereka sangat antusias dan ramah,” katanya

Masih kata Said, setalah 12 jam bersandar di Sabang, kapal pesiar wisata MS Seabourn Encore sebelumnya menempuh perjalanan dari Phuket, Thailand. Kapal tersebut akan kembali melanjutkan perjalanan wisata menuju Colombo, Srilanka.

“Setelah 12 jam bersandar di Sabang, kapal pesiar itu akan kembali melanjutkan perjalanannya tujuan Colombo,” jelasnya.

Baca juga : 3 Alasan Menpar Sebut Sail Sabang Pergelaran Terbesar di Indonesia

Sementara itu, Zulkarnaini Abdulah selaku Kepala Unit Manajemen Pelabuhan mengatakan kapal pesiar MS Seabourn Encore baru pertama sekali singgah di Kota Sabang. Kapal pesiar wisata mewah ini memiliki panjang 179,76 meter dengan lebar 27,9 meter dan memiliki bobot 41.865 Gross Register Tonnage (GRT).

"Kapal Pesiar MS Seabourn Encore merupkan yang pertama singgah di Sabang tahun ini. Dijadwalkan 2018 ini sudah tujuh kapal pasiar yang akan singgah di Sabang, di antaranya MS Seabourn Encore, MS Silver Discovery, MS Europe 2, MS Marella Discovery, MS Seabourn Ovation, dan kapal Islamic Cruise MV Costa Victoria,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com