Kompas.com - 30/03/2018, 14:22 WIB
Wisatawan berpose di belakang komodo, di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT. Julianus EbolWisatawan berpose di belakang komodo, di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perempuan yang sedang menstruasi ada baiknya mengurungkan niat untuk berkunjung ke habitat komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Peraturan tidak tertulis ini disampaikan oleh Sulaiman, salah satu ranger Taman Nasional Komodo di Pulau Rinca.

"Komodo itu penglihatannya jelek, dia mengandalkan gerakan dan penciuman yang bisa sampai lima kilometer," kata Sulaiman kepada KompasTravel saat berkunjung ke TN Komodo pasca acara Penanggulangan Sampah di Labuan Bajo oleh BNI dan Plataran di Labuan Bajo, Kamis (29/3/2018).

Baca juga : Kapan Waktu Terbaik Berkunjung ke Taman Nasional Komodo?

Untuk itu Sulaiman mengatakan ada baiknya perempuan yang sedang menstruasi tidak melakukan trekking di Pulau Rinca atau Pulau Komodo.

Sebagai gantinya, perempuan yang sedang menstruasi hanya dapat berkunjung sampai batas dapur khusus ranger. Di sana biasanya menjadi tempat favorit komodo untuk berkumpul karena bau makanan. Meskipun diperbolehkan sampai dapur, perempuan yang sedang menstruasi juga harus terus berada di dekat ranger.

Dapur umum ranger di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT. Tempat favorit komodo untuk berkumpul.Kompas.com/Silvita Agmasari Dapur umum ranger di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT. Tempat favorit komodo untuk berkumpul.
"Masalahnya banyak yang tidak mengaku dari awal. Jadi sampai di hutan saya tanya lagi ada yang sedang menstruasi atau tidak, baru mengaku," kata Sulaiman.

Ia mengaku bisa mengetahui di antara kelompok wisatawan ada yang sedang menstruasi, jika komodo terus mengikuti perjalanan.

"Padahal ini sangat berbahaya," kata Sulaiman.

Baca juga : Perhatikan 5 Hal Ini saat Berkunjung ke Taman Nasional Komodo

Ia mengatakan perempuan yang sedang datang bulan bahkan lebih berisiko diserang komodo, dibanding orang yang memiliki luka kecil.

Beberapa peraturan yang harus dipatuhi di TN Komodo antara lain tidak boleh membuang sampah sembarangan, tidak merokok selama perjalanan, tidak mengambil sesuatu, tidak membunuh sesuatu, tidak membuat gerakan tiba-tiba dan melambaikan barang di dekat komodo, dan tidak bersuara kencang dekat komodo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.