Soto Gading, Langganan Jokowi sejak Jadi Wali Kota Solo

Kompas.com - 30/03/2018, 18:00 WIB
Soto ayam di gerai Soto Gading 1, salah satu tujuan wisata kuliner populer di Solo, Jawa Tengah. KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADASoto ayam di gerai Soto Gading 1, salah satu tujuan wisata kuliner populer di Solo, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com — Melepas kangen kuliner kampung halaman sembari berkumpul bersama keluarga rupanya juga dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. Melalui akun Instagram, ia berbagai foto dan tulisan mengenai kuliner kampung halamannya.

"Suatu kebahagian bagi saya kalau bisa kumpul bersama keluarga seperti ini. Ini kita lagi menikmati Soto Gading di Solo, sempatkanlah berkumpul dengan keluarga di sela kesibukan lur dulur semua," dikutip dari akun Instagram resmi Presiden Jokowi, Jumat (30/3/2018). 

Presiden tampak menyantap soto ayam bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Putra pertamanya, Gibran Rakabuming, beserta istrinya, Selvi Ananda, juga turut terlihat.

Cucu pertama Presiden, Jan Ethes, turut diajak datang ke Soto Gading. Jan Ethes tampak digendong Presiden Jokowi.

Soto Gading di Jalan Brigjen Sudiarta 76 merupakan salah satu kuliner pentolan di Solo, Jawa Tengah. Presiden Jokowi diketahui sudah lama menjadi langganan soto gading, sejak ia masih menjadi wali kota Solo.

 

Jokowi makan soto gading bersama istrinya Jan Ethes di Solo, Jumat (30/3/2018)Dok. Biro Setpress Jokowi makan soto gading bersama istrinya Jan Ethes di Solo, Jumat (30/3/2018)

Hidangan andalan Soto Gading adalah soto berkuah kental dari kaldu ayam bening. Isiannya ada soun, suwiran daging ayam plus taburan bawang merah goreng, dan irisan daun seledri. Rasanya didominasi oleh rasa kuah kaldu ayam yang ringan dan tidak banyak rempah.

Sebagai pendamping makan soto, tersedia aneka gorengan tahu, tempe, sate usus, sate daging sapi, empal, dan perkedel yang disajikan di meja makan pengunjung.

Kedai Soto Gading dibuka pertama kali pada 1974 oleh Siswo Martono. Sebenarnya bukan hanya Jokowi, presiden lain seperti Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah bersantap di Soto Gading.

Harga soto gading sangat terjangkau, tidak sampai Rp 20.000. Tak heran soto gading disebut kuliner semua kalangan.

Ramainya pembeli membuat para pengunjung harus antre dan bertoleransi dengan pengunjung lain yang sudah menunggu tempat kosong. Kedai Soto Gading buka dari pukul 05.30 sampai pukul 15.30.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X