Kompas.com - 30/03/2018, 20:26 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu tempat wajib untuk berburu pesona matahari terbit di Semarang ialah lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedong Songo. Destinasi wisata ini memang sudah cukup terkenal, dan menjadi lukisan alam yang indah saat metahari terbit.

Sebelum Anda berburu matahari terbit, baiknya mempersiapkan semua yang dibutuhkan. Selain peralatan yang harus dibawa, Anda juga perlu mengetahui momen-momen apa saja yang harus didapatkan.

Salah satu keunikan matahari terbit di sini ialah diambil dari ketinggian, sehingga akan terlihat gugusan awan dan gunung-gunung di Jawa Tengah. Selain itu matahari juga terbit di antara candi, sehingga terlihat lebih sakral dibanding tempat lainnya.

KompasTravel sempat mejajalnya di sela acara Famtip Ha-Ka Hotel Semarang, Kamis (29/3/2018). Berikut tips bagi para pemburu sunrise:

1. Lihat cuaca

Hal utama yang harus kita perkirakan sebelum berburu momen matahari terbit ialah cuaca. Jika malam sebelumnya hujan mengguyur Semarang, maka esok pagi sangat berpeluang langit cerah. Anda bisa datang lebih awal, misal pukul 03.00 WIB untuk mengabadikan gugusan bintang atau milky way.

Sedangkan jika tidak terjadi hujan, Anda bisa melihat saat pagi, apakah langit di Semarang cerah. Lebih baik lagi jika sudah memperkirakan lewat prakiraan cuaca yang terdapat di gawai Anda. Jika malam sebelumnya tidak hujan, peluang berkabut cukup besar seperti saat KompasTravel berkunjung ke sana.

Candi Gedong Songo, Ungaran, Kabupaten Semarang, Kamis (29/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Candi Gedong Songo, Ungaran, Kabupaten Semarang, Kamis (29/3/2018).
2. Siapkan perbekalan

Candi Gedong Songo berada di lereng Gunug Ungaran, dengan ketinggian 1.200-1.300 meter di atas permukaan laut. Dari pintu gerbangnya Anda perlu trekking sekitar 15-20 menit, sehingga cukup menguras tenaga.

Anda bisa membawa perbekalan minum dan makanan ringan secukupnya sesuai anggota keberangkatan, karena warung-warung di sekitar destinasi ini baru buka menjelang pukul 07.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.