6 Tempat Berfoto ala Belanda di Lawang Sewu

Kompas.com - 01/04/2018, 08:10 WIB
Gedung Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah, yang dihiasi lampu-lampu terlihat megah saat malam hari. TRIBUN JATENG/MAULANA RAMADHANGedung Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah, yang dihiasi lampu-lampu terlihat megah saat malam hari.

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu ikon wisata Kota Semarang ialah Lawang Sewu. Pesona arsitektur Eropa di zamannya begitu indah. Tidak hanya untuk difoto, sejarah arsitekturnya pun begitu menarik.

Lawang Sewu memiliki lima bangunan yang menyuguhkan banyak sudut menarik. Beberapa sudut menyuguhkan pemandangan arsitektur yang memukau, layaknya bangunan tua di Eropa.

"Ada sudut-sudut yang pas banget seperti di Eropa, tiang-tiang pancang, putih biasanya dipake foto pre-wedding," tutur Krisdani selaku pemandu wisata khusus Lawang Sewu kepada KompasTravel saat di sela-sela acara FamTrip HA-KA Hotel, Semarang, Rabu (28/3/2018).

Baca juga : Kisah Lawang Sewu, Berjuang Demi Hilangkan Nuansa Mistis

Beberapa sudut ini mungkin belum terfikirkan oleh Anda, walaupun telah beberapa kali mengunjugi Lawang Sewu. Setelah meilhat beberapa foto berikut, bisa jadi Anda akan mengulang kunjungan untuk mengabadikan sudut-sudut bergaya Eropa ini.

1. Teras utama 

Wisatawan sedang berfoto berlatarkan keindahan bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan sedang berfoto berlatarkan keindahan bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).

Dari teras utama ini akan Anda akan melihat sudut bangunan utama Lawang Sewu. Sudut dengan menara berkaca mozaik menyambungkan antara bangunan A dan bangunan B.

Fotografer bisa mengambilnya dari pohon besar yang ada di tengah halaman. Dari sini bangunan Lawang Sewu terasa amat megah.

2. Kaca mozaik

Wisatawan sedang berfoto berlatarkan mozaik kaca di bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan sedang berfoto berlatarkan mozaik kaca di bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).

Inilah tampak dalam dari sudut Lawang Sewu pada foto sebelumnya. Kaca Mozaik menghiasi menara hingga ketiggian sembilan meter. Uniknya di kaca mozaik tersebut mengisahkan tentang sejarah Lawang Sewu sebagai kantor perkeretaapian terbesar di Indoesia saat itu.

Anda bisa berfoto di atas anak tangga, membelakangi atau menhgadap ke kaca. Foto khas di tempat ini ialah siluet, berlatarkan kaca mozaik sejarah Lawang Sewu. Krisdani mengatakan kaca ini belum pernah dipugar ataupun rusak sejak didirikan mulai 1916-1918.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X