Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Goreng Mbah Karto, Kesukaan Jokowi Saat Liburan

Kompas.com - 01/04/2018, 14:18 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen liburan dimanfaatkan Presiden Jokowi untuk berwisata kuliner bersama keluarga. Salah satunya ke Ayam Goreng Mbah Karto di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Setelah beberapa hari lalu mencicipi Soto Gading langganan, kini Jokowi menyantap menu ayam goreng favorit di Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Baca juga : Soto Gading, Langganan Jokowi sejak Jadi Wali Kota Solo

Rumah makan yang tersohor dengan ayam kampung dan aneka sambalnya ini berdiri sejak 1960-an. Dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Sabtu (31/3/2018), tempat makan ini sudah jadi langganan Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo.

Kini Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto dikelola oleh generasi kedua keluarga Mbah Karto. Menu dan racikan yang dihidangkan masih sama generasi awalnya, dan amat dijaga.

Sekilas penampakan rumah makan ini cukup sederhana, dengan sentuhan adat Jawa. Ruang makan utamanya berbentuk pendopo kayu tanpa desain berlebihan. Meja dan kursi juga terbuat dari kayu seperti warung makan pada umumnya.

Baca juga : Menginap di Kresna, Hotel Persinggahan Soekarno, SBY hingga Jokowi (1)

Menu yang dipilih Jokowi saat itu ialah ayam goreng dengan sambel blondho (sambal hitam), ayam goreng disini semua berasal dari ayam kampung. Pengunjung bisa memilih potongan ayam ukuran 1/4 ekor, atau bagian kepala, hati dan ampela ayam.

Sedapnya ayam kampung di sini dipengaruhi dari sejak pemilihan ayam hingga teknik bumbu. Ayam kampung yang dipilih usianya cukup muda. Lazimnya ayam kampung hidup hingga setahun lebih, sedangkan rumah makan ini menggunakan ayam usia tiga bulan.

Ayam kampung muda tersebut dibumbui bacem, bawang putih, dan rempah, lalu diungkep di atas api kayu bakar. Inilah cara membumbui yang konon menjadi kunci kelezatan ayam sebelum digoreng.

Menu favorit Presiden Joko Widodo di RM Ayam Goreng Mbah Karto, ayam goreng dengan sambel blondho (sambel yang hitam). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Menu favorit Presiden Joko Widodo di RM Ayam Goreng Mbah Karto, ayam goreng dengan sambel blondho (sambel yang hitam).

Sepiring hidangan ayam goreng kampung disajikan dengan nasi putih, urap sayur, lalapan, dan sambal. Sedangkan sambal yng bisa dipilih ada sambal blondho, sambal bawang dan lainnya.

Sambal kesukaan Presiden Jokowi ialah sambal blondho, sambal ini memang jadi andalan di Mbah Karto. Sambal ini terbuat dari ampas minyak yang dihasilkan dari endapan santan kental atau areh yang matang, kemudian dicampur sambal bawang.

Sambal tersebut warnanya kehitaman, rasanya gurih,sedikit manis, bercampur pedasnya sambel bawang. Sambal ini memang begitu cocok jadi cocolan ayam kampung goreng yang hangat, apalagi dengan lalapan urap.

Baca juga : Menginap di Kresna, Hotel Persinggahan Soekarno, SBY hingga Jokowi (2)

Jangan lewatkan juga kesegaran minuman tradisionalnya yakni es beras kencur, es kunyit asam, es jeruk, dan lainnya. Satu porsi ayam goreng kampung dengan lalap urap bisa dibeli seharga Rp 20.000.

Bagi yang penasaran ingin mencoba salah satu kudapan kesukaan Jokowi ini, bisa arahkan kendaraan Anda ke Ayam Mkampung Goreng Mbah Karto Tembel, Jalan Jaksa Agung R Suprapto nomer 8, Sukoharjo, sekitar satu kilo dari Kota Solo. Patokan lokasinya tepat di depan PLN Sukoharjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com