Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lezatnya Ayam Goreng Pak Supar, Pengunjung Rela Antre hingga 1 Jam

Kompas.com - Diperbarui 07/02/2022, 18:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski bukan merupakan makanan khas Semarang, Ayam Goreng Pak Supar digandrungi banyak penikmatnya. Bukan pemandangan yang aneh saat menjelang makan malam, pengunjung harus antre hingga satu jam untuk mendapatkan kursi.

Beberapa orang memilih untuk membawa pulang hidangannya, tetapi ada juga yang rela untuk menunggu demi mencicipi langsung hidangan ayam kampung dan sop buntut andalan kedai ini.

"Iya sudah biasa antrean gini, biasanya memang menjelang makan malam sama makan siang paling ramai, enggak hanya akhir pekan saja," terang Ripto selaku pegawai senior kepercayaan pak Supar, sang pencetus kedai, saat dikunjungi KompasTravel, Rabu (28/03/2018).

Ripto mengatakan hidangan yang jadi incaran pelanggannya ialah ayam goreng dan sup buntut. Untuk hidangan ayam goreng, pihak kedai hanya menggunakan ayam kampung dengan usia tertentu.

"Ayam kita diolahnya beda sama yang lain, mulai pembumbuan, sampe gorengnya direbus minyak, jadi empuk," terangnya kepada KompasTravel.

Baca juga: 10 Tempat Ngopi di Semarang, Ada Kafe dengan Bangunan Benteng

Suasana ramainya Ayam Goreng Sop Buntut Daging Pak Supar, Semarang, Rabu (28/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana ramainya Ayam Goreng Sop Buntut Daging Pak Supar, Semarang, Rabu (28/3/2018).

KompasTravel berkesempatan mencicipi dua hidangan istimewa tersebut di sela Famtrip HA-KA Hotel, Rabu (28/03/2018). Kami datang sebelum matahari terbenam untuk "mengamankan" tempat duduk.

Benar saja, saat dicoba, ayam kampung yang biasanya liat menjadi amat empuk karena proses penggorengan yang terendam minyak. Untuk pelengkapnya, kamu bisa memilih tiga jenis sambal yakni sambal korek, sambal terasi, juga sambal khas kedai ini.

Sambal khas kedai ini cenderung manis. Bagi yang suka pedas dianjurkan memilih sambal korek yang paling pedas di antara ketiganya.

Hidangan pamungkas selanjutnya ialah sup buntut yang masih mengepul panas. Daging ekor yang tersaji cukup banyak, dan dipotong besar-besar. 

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

Suasana dapur Ayam Goreng Sop Buntut Daging Pak Supar, Semarang, Rabu (28/3/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana dapur Ayam Goreng Sop Buntut Daging Pak Supar, Semarang, Rabu (28/3/2018).
Saat disesap kuah keruhnya, kaldu pun begitu terasa di mulut. Daging buntut yang empuk sesekali terasa menggeliat dalam kunyahan. Besar dan banyaknya daging buntut yang empuk menjadi alasan kepuasan pelanggan di sini.

Dalam sehari, Ripto mengaku kedai ini bisa menghabiskan 10 kilogram daging buntut sapi dan 40-50 kilo daging sapi bagian lainnya.

"Daging buntut dipresto sampai dua jam jadi memang empuk," pungkas Ripto yang sudah bekerja di sana sejak dibuka tahun 1974.

Sedangkan untuk membuat kaldunya, kedai ini menggunakan rebusan tulang yang amat banyak sehingga terasa kental dan keruh.

Jika ingin berkunjung, kedai ini berlokasi di Jalan Moh.Suyudi No.48, Miroto, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Buka mulai pukul 10.00 - 22.30 WIB.

Baca juga: Kunjungi Sam Poo Kong Saat Imlek, Cek Rute dari Simpang Lima Semarang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com