Bisakah Menikmati Sakura Sambil Naik Gunung? - Kompas.com
Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

Bisakah Menikmati Sakura Sambil Naik Gunung?

Kompas.com - 02/04/2018, 19:08 WIB
Taman Takami no Sato yang terletak di gunung Yoshino, prefektur Nara, ini berjarak sekitar satu jam setengah dari pusat kota Osaka. Di dataran dengan ketinggian 650 meter dari atas laut ini tumbuh seribu batang shidare zakura. KARAKSA MEDIA Taman Takami no Sato yang terletak di gunung Yoshino, prefektur Nara, ini berjarak sekitar satu jam setengah dari pusat kota Osaka. Di dataran dengan ketinggian 650 meter dari atas laut ini tumbuh seribu batang shidare zakura.

KOMPAS.com - Di Gunung Yoshino, kota Nara, terdapat taman sakura bernama “Takami no Sato”. Pada musim semi, kita dapat menikmati pemandangan 1.000 batang pohon shidare zakura (salah satu jenis sakura) di sini.

Selain sakura, nikmati juga makanan khas berbahan kudzu (sejenis umbi Jepang) dan pemandian air panas di dekat daerah ini.

Taman sakura yang membentang di dalam Gunung Yoshino

Taman Takami no Sato yang terletak di gunung Yoshino, prefektur Nara, ini berjarak sekitar satu jam setengah dari pusat kota Osaka. Di dataran dengan ketinggian 650 meter dari atas laut ini tumbuh seribu batang shidare zakura.

Pemilik taman Takami no Sato yang dulunya mengelola hutan, awalnya mencari cara reboisasi yang efektif untuk gunung tandus yang disebabkan oleh kegundulan hutan. Lalu, pemilik dan orang tuanya mulai mengumpulkan cangkokan shidare zakura unggul dari seluruh Jepang dan menyelesaikan pembuatan taman ini pada tahun 2014.

Masa awal pembukaan, sakura tidak tumbuh dengan baik sehingga pemandangannya masih terlihat sepi, tetapi pada 2010 pemandangan bunga sakura yang memenuhi lahan menjadi pemandangan musim semi yang indah.

Di sini terdapat “Tenkuu no Niwa” (sky garden) dengan restoran dan berbagai fasilitas lainnya yang berjarak enam ratus meter dari loket. Terdapat shuttle bus gratis dari loket sampai dengan sky garden.

Bila terus naik ke atas gunung, kita akan sampai di “Sennen no Oka” (observation deck) dan bisa menikmati 1.000 pohon sakura dari atas. Nikmati juga paduan pemandangan sakura, bunga spiraea thunbergii, bunga forsythia, dan banyak bunga lainnya yang dilatarbelakangi pegunungan.

Taman Takami no Sato yang terletak di gunung Yoshino, prefektur Nara, ini berjarak sekitar satu jam setengah dari pusat kota Osaka. Di dataran dengan ketinggian 650 meter dari atas laut ini tumbuh seribu batang shidare zakura. KARAKSA MEDIA Taman Takami no Sato yang terletak di gunung Yoshino, prefektur Nara, ini berjarak sekitar satu jam setengah dari pusat kota Osaka. Di dataran dengan ketinggian 650 meter dari atas laut ini tumbuh seribu batang shidare zakura.
Data Sakura
Waktu mekar: 15 – 25 April 2018
Tanggal beroperasi kebun: 7 – 30 April 2018
Waktu terbaik : Jam 09.00 (untuk menghindari penuh)
Jumlah: sekitar 1.000 pohon
Jenis sakura : Shidare-zakura

Informasi Tempat
Takami no Sato
Alamat : Yoshino-gun, Higashi Yoshino-mura, Sugitani 298-1
Akses : Naik bus khusus jurusan Takami no Sato dari stasiun Haibara, Kintetsu Line
Jam operasional : 09.00-17.00 (Loket tutup: 16.30)
Hari libur: Tidak ada selama periode taman dibuka
Biaya masuk: Dewasa 1.000 yen

Dessert tradisional di “Kudzu no Kan”

Kudzu no Kan merupakan toko yang menjual langsung produk dari pabrik “MORINO YOSHINO-KUZU HONPO”, produsen pembuat makanan berbahan kudzu (sejenis umbi). “MORINO YOSHINO-KUZU HONPO” memiliki sejarah lebih dari 450 tahun. Produk di sini merupakan makanan alami yang tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, dengan tekstur khas tepung kudzu yang lembut.

Di sini terdapat ruang untuk upacara minum teh “Kudzu Mian”. Kita dapat menikmati hidangan “Yoshino Hon-Kudzu” yang dicuci dengan air bawah tanah dan dikeringkan pada hari terdingin, juga hidangan Kudzu-kiri yang baru dibuat. Selain itu, kita juga bisa membeli oleh-oleh kue berbahan kudzu.

Set hidangan Tokusen MatchaKARAKSA MEDIA Set hidangan Tokusen Matcha
Set hidangan Tokusen Matcha yang terdiri dari kudzu yokan berupa yokan (sejenis agar tradisional Jepang) yang diberi aksen kudzu asli dan matcha dijual seharga 630 yen. Pada bulan April, tersedia juga set hidangan kudzu sakura berupa manjuu (sejenis bakpia manis Jepang).

Hidangan kudzu mochi yang dibuat dari tepung hon-kudzu KARAKSA MEDIA Hidangan kudzu mochi yang dibuat dari tepung hon-kudzu
Hidangan kudzu mochi yang dibuat dari tepung hon-kudzu (kudzu asli) yang hanya dicampur dengan air ini dihidangkan dengan bubuk kinako (bubuk kacang kedelai) spesial seharga 630 yen.

Minuman Kudzu-yu KARAKSA MEDIA Minuman Kudzu-yu
Minuman Kudzu-yu dengan rasa manis yang berasal dari tepung kudzu asli dengan aksen kelopak bunga yang diasinkan seharga 480 yen.

Informasi Tempat
Kudzu no Kan
Alamat : Uda-shi, O-uda Nishiyama 3
Jam buka : 09.00-17.00, Kudzu Mian 09.00-16.00 (dapat berubah sewaktu-waktu)
Hari libur : Tidak ada

Lepas rasa lelah di pemandian air panas “Takasumi”

Lepaskan kelelahan perjalanan Anda di rotenburo (pemandian air panas terbuka) pemandian Takasumi yang berjarak 10 menit dari taman Takami no Sato. Pemandian ini menggunakan banyak kayu dari Higashi Yoshino.

Terdapat dua jenis pemandian tertutup di sini, Maki Furo dan Hinoki Furo. Selain itu, ada juga pemandian terbuka dengan pemandangan hijau Higashi Yoshino yang terhampar luas di depan mata. Ada pula banyak monumen bersejarah yang disebut sebagai Takasumi Bunko.

Takasumi OnsenKARAKSA MEDIA Takasumi Onsen
Selain itu, pemandian terbuka dari batu dengan pemandangan hutan akan membuat kita seolah-olah dikelilingi oleh alam.

Data Onsen (Pemandian Air Panas)
Biaya masuk : Dewasa 500 yen
Jumlah pemandian : 4
Jenis air panas : mengandung sedikit zat alkali, natrium dan klorida
Khasiat onsen : Neuralagia, Artralgia dan lain sebagainya
Amenities : Shampoo dan lain sebagainya

Informasi Tempat
Takasumi Onsen
Alamat : Yoshino-gun, Higashi Yoshino-mura, Hirano
Jam buka : 11.00-20.00 (sampai 15 Maret 2018),
11.00-21.00 (16 Maret – 30 November 2018)
*Loket tutup 30 menit sebelum jam tutup
Hari libur : hari Kamis (bila jatuh di tanggal merah, akan tutup di hari berikutnya)

Takasumi Bunko
Jam buka : 11.00-17.00
Biaya masuk : Dewasa 200 yen

Provided by Japan Walker™, Kansai Walker™ (16 February 2018)

Komentar