Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Negara Bersatu Bela Rendang

Kompas.com - 04/04/2018, 10:32 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Komentar juri MasterChef United Kingdom, Gregg Wallace, mengenai rendang ayam harus berkulit garing memicu kontroversi. Netizen dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam kemudian bersatu untuk membenarkan jika rendang tidak pernah garing.

"Sebagai orang Malaysia untuk lebih dari 22 tahun, baru pertama kali saya dengar rendang ayam harus punya kulit garing. Siapa pula di dunia ini yang makan rendang dengan kulit garing," kata netizen Malaysia, Wayne Lee, berkomentar di akun Twitter salah satu juri MasterChef UK, John Torode.

Baca juga: Juri MasterChef UK Sebut Kulit Rendang Ayam Harus "Crispy"

Hal yang membuat netizen bertambah geram rupanya saat Torode justru tak meminta maaf atas pernyataan juri di MasterChef UK tentang kulit rendang ayam yang garing. Alih-alih ia malah menyebutkan rendang bukan dari Malaysia.

"Mungkin rendang itu aslinya dari Indonesia!! Aku suka ini!! Luar biasa bagaimana kalian semua bersemangat.. Namaste," tulis Torode.

Baca juga: Rendang dan Nasi Goreng Sabet Predikat Makanan Terenak di Dunia

Netizen Indonesia lantas bereaksi atas pernyataan Torode tersebut, seperti netizen Indonesia Fitriani Puspitasari yang berkomentar lewat Facebook.

"Jadi juri UK yang mengeliminasi kontestan Malaysia karena masak rendang ayam yang tidak garing diolok-olok orang Malaysia di Twitter. Namun, ia justru membela diri dengan bilang rendang dari Indonesia. Tahu tidak, orang Indonesia juga tidak makan rendang garing!! Kami juga tidak bilang namaste, itu di India," tulis Fitriani.

Baca juga: Filosofi Rendang Memikat Forum Gastronomi Dunia

Semakin banyak netizen yang berkomentar di Twitter Torode, termasuk orang Singapura dan Brunei Darussalam.

"Mencoba membuat Malaysia dan Indonesia ribut karena rendang? Tidak, kami akan bersatu," kata netizen Griffin Seannery. Dibalas netizen Pehw3xiang, "Aku harap Singapura juga boleh bergabung," dan netizen Irfan "Brunei juga ok ahaha,"

Alhasil karena banyaknya netizen yang berkomentar di akun Twitter Torode, unggahan kontroversial tersebut dihapus.

Terakhir, Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah memberi selamat kepada kontestan Malaysia yang dieleminasi di MasterChef UK, Zaleha.

"Anda telah berhasil dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh sebagian besar politisi kita, yaitu menyatukan para ahli makanan di saat-saat yang paling memecah belah," kata Datuk Seri Anifah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com